Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WNI di Taiwan Sudah Dapat Surat Suara, Timnas AMIN: KPU Tidak Profesional

Kamis, 28 Desember 2023 – 13:21 WIB
WNI di Taiwan Sudah Dapat Surat Suara, Timnas AMIN: KPU Tidak Profesional - JPNN.COM
Konferensi pers “Pengungkapan Data Dugaan Pelanggaran Pemilu” oleh Timnas AMIN di Rumah Perubahan, Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/12). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Tim Hukum Nasional (THN) Timnas AMIN Ari Yusuf Amir menanggapi video viral yang menunjukkan WNI di Taiwan sudah mendapatkan surat suara terlebih dahulu.

Menurut Ari, peristiwa yang terjadi di Taiwan bentuk ketidakprofesionalan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Untuk itu, pihaknya mendesak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk memproses dugaan pelanggaran terkait pemungutan suara yang digelar lebih awal di Taiwan.

“Kejadian ini bentuk ketidakprofesionalan KPU. Karena itu, Bawaslu seharusnya memproses kejadian ini,” ucap Ari di Rumah Perubahan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/12).

Ari menuturkan bahwa pengiriman surat suara terlebih dulu sebelum waktunya juga merugikan negara secara materiel.

“Sebab, negara juga dirugikan secara materiel dengan tidak sahnya surat suara akibat pencoblosan sebelum waktunya,” kata dia.

Alumnus Universitas Islam Indonesia itu menyebutkan PPLN berdalih kalau tidak segera menggelar pemilihan pengiriman surat suara tidak dapat dilakukan. Sebab, ada perayaan tahun baru China.

“Ketua KPU menyatakan bahwa kejadian ini bentuk ketidakcermatan PPLN Taipei dan tidak akan menghitung semua surat suara yang telah dicoblos,” katanya.

Timnas AMIN mendesak Bawaslu memproses dugaan pelanggaran terkait pemungutan suara yang digelar lebih awal di Taiwan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close