Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yakin Gerindra Bakal Loyal pada Pemerintahan Jokowi? Simak Analisis Pangi Ini

Jumat, 18 Oktober 2019 – 21:12 WIB
Yakin Gerindra Bakal Loyal pada Pemerintahan Jokowi? Simak Analisis Pangi Ini - JPNN.COM
Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago meragukan Gerindra bakal loyal kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika partai pimpinan Prabowo Subianto itu kelak punya menteri di kabinet periode 2019-2024. Menurut dia, Presiden Jokowi justru harus benar-benar berhitung sebelum memberikan kursi menteri untuk Gerindra.

"Kalau ada orang mengatakan ketika Gerindra masuk kabinet maka tak lagi kritis dan mendukung semua kebijakan pemerintah, itu perlu dipertanyakan," ujar Pangi kepada jpnn.com, Jumat (18/10).

Direktur eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu lantas memaparkan catatannya tentang perpolitikan Indonesia sejak reformasi.  Ipang -panggilan akrab Pangi- mengatakan, sejumlah parpol tetap memainkan peran layaknya oposisi meski menempatkan kadernya di kabinet.

Yakin Gerindra Bakal Loyal pada Pemerintahan Jokowi? Simak Analisis Pangi Ini

Pangi menjelaskan, parpol yang punya menteri justru kerap vokal dalam mengkritik pemerintah. Sebab, sikap politik parpol akan tergantung pada kepentingannya sendiri.

"Itu terjadi karena mereka tidak disiplin, tidak loyal. Sikap yang mereka ambil bergantung kepentingan dan agenda saja," ucapnya.

Oleh karena itu Pangi mengingatkan Presiden Jokowi agar tidak memberikan posisi menteri utama dan strategis kepada kader Gerindra. Jokowi, kata Pangi, sebaiknya mengutamakan partai-partai pendukungnya di Pilpres 2019 untuk menempatkan kadernya di kementerian utama dan strategis.

"Saat Pak Jokowi berkuasa, tentu menempatkan parpol pengusung utama di depan. Sementara seperti Gerindra kan tidak ikut berjuang memenangkan Jokowi-Amin. Jadi, jangan ditempatkan di posisi yang diprioritaskan. Karena itu sama saja artinya Gerindra hanya tahu cara berkuasa," pungkas Pangi.(gir/jpnn)

Pangi Syarwi Chaniago meragukan Gerindra bakal loyal kepada pemerintahan Presiden Jokowi meski kelak memiliki menteri di kabinet 2019-2024.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close