Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yurianto: Hasil Tes Cepat untuk Rekomendasi Isolasi Mandiri

Kamis, 26 Maret 2020 – 18:45 WIB
Yurianto: Hasil Tes Cepat untuk Rekomendasi Isolasi Mandiri - JPNN.COM
Rapid test di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi berpotensi menularkan virus Corona. Foto: RMOL

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan hasil pemeriksaan tes cepat atau pemeriksaan awal diupayakan untuk ditindaklanjuti dengan pemberian rekomendasi kepada yang bersangkutan agar melakukan isolasi mandiri.

"Dari hasil pemeriksaan tes cepat kita sudah bisa memberikan saran, rekomendasi kepada yang bersangkutan untuk melaksanakan pembatasan secara mandiri," kata Yurianto dalam konferensi lers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (26/3).

Ia mengatakan deteksi dini yang dilakukan dengan pemeriksaan massal penting dilakukan untuk menemukan dugaan kasus positif di tengah masyarakat.

Setelah mengetahui adanya dugaan kasus positif tersebut, tenaga medis dapat menindaklanjutinya dengan memberikan rekomendasi agar yang bersangkutan melakukan karantina atau isolasi mandiri.

Isolasi mandiri tersebut sangat penting dilakukan agar orang yang diduga positif terjangkit virus corona tersebut dapat menahan diri untuk tidak bepergian sehingga membatasi penyebaran yang lebih luas.

"Melaksanakan isolasi diri secara mandiri (adalah) agar kemudian ini tidak menjadi permasalahan dan sumber penularan di tengah masyarakat," katanya.

Perlunya isolasi mandiri tersebut adalah sekaligus untuk menunggu kepastian kasus setelah pemeriksaan awal.

"Jadi hasil pemeriksaan tes negatif tidaklah ada jaminan bahwa yang bersangkutan tidak sedang sakit. Screening awal hasilnya negatif dimaknai bahwa kemungkinan memang belum muncul antibodi dari tubuh seseorang yang sudah terinfeksi virus," katanya.

Menurut Yurianto, hasil pemeriksaan tes cepat atau pemeriksaan awal diupayakan untuk ditindaklanjuti dengan pemberian rekomendasi kepada yang bersangkutan agar melakukan isolasi mandiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close