Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yurianto: Tes Cepat Corona Idealnya Dua Kali

Sabtu, 28 Maret 2020 – 17:24 WIB
Yurianto: Tes Cepat Corona Idealnya Dua Kali - JPNN.COM
Rapid test di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi berpotensi menularkan virus Corona. Foto: RMOL

jpnn.com, JAKARTA - Juru bicara pemerintah untuk penanganan penyakit virus corona penyebab COVID-19 Achmad Yurianto mengingatkan, tes cepat atau rapid test virus corona idealnya dilakukan dua kali dengan jangka waktu tujuh hari setelah uji pertama.

"Kalau hasil pertama negatif, harus diulang tujuh hari kemudian untuk memastikan bahwa yang bersangkutan benar-benar tidak menderita COVID-19," ujar Yurianto kepada Antara di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu.

Peralatan tes cepat itu sendiri sudah disebar pemerintah pusat ke pemerintah daerah di Tanah Air. Jumlahnya, lanjut Yurianto, sekitar satu juta alat uji.

"Pemerintah daerah yang mengatur bagaimana penggunaannya," tutur dia.

Tes cepat dilakukan dengan memeriksa darah untuk melihat antibodi yang muncul jika seseorang terserang virus penyerang saluran pernapasan SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19.

Namun, jika belum ada gejala, tes cepat dapat menunjukkan hasil negatif karena antibodi tersebut belum keluar. Kondisi ini sering disebut dengan hasil negatif palsu.

Dalam jangka waktu satu pekan setelah tes pertama, seandainya terserang COVID-19, tubuh sudah mengeluarkan antibodi yang dapat dilihat melalui alat uji cepat. Kalau negatif, tubuh tetap tidak memproduksi antibodi tersebut.

Itulah yang menjadi alasan pemerintah menyarankan agar tes cepat dilakukan dua kali.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan penyakit virus corona penyebab COVID-19 Achmad Yurianto mengingatkan, tes cepat atau rapid test virus corona idealnya dilakukan dua kali .

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close