Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2 Upaya Penyelundupan Puluhan Satwa Langka Tujuan India Digagalkan, Begini Modus Pelaku

Kamis, 08 Agustus 2024 – 21:14 WIB
2 Upaya Penyelundupan Puluhan Satwa Langka Tujuan India Digagalkan, Begini Modus Pelaku - JPNN.COM
Bea Cukai Soekarno-Hatta menggelar konferensi pers terkait pengungkapan 2 upaya penyelundupan puluhan satwa langka tujuan India. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai Soekarno Hatta bersama Avsec PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta menggagalkan dua upaya penyelundupan satwa langka tujuan India.

Satwa langka tersebut terdiri dari 50 burung endemik, 5 binatang primata, dan seekor binatang berkantung (marsupial).

Dari dua penindakan tersebut, tim gabungan juga mengamankan 10 orang pelaku yang seluruhnya merupakan warga negara (WN) India.

"Kasus ini menambah daftar upaya penyelundupan ekspor satwa langka tujuan India melalui barang bawaan penumpang," kata Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta Gatot Sugeng Wibowo dalam keterangan yang diterima, Kamis (8/8).

Sebelumnya pada awal Juli 2024, kata Gatot, pihaknya juga telah menindak upaya penyelundupan burung cendrawasih dan berang-berang albino oleh warga negara India yang diduga terkait dengan jaringan internasional perdagangan satwa ilegal di negara tersebut.

Gatot mengungkapkan penindakan pertama terlaksana pada Senin (29/7) lalu yang berawal dari kecurigaan petugas terhadap empat koper milik BKM (49), ZAS (48), SDB (47), dan AMAS (47), penumpang IndiGo Air tujuan Mumbai, India.

Petugas pun menindak koper tersebut dan melaksanakan pemeriksaan.

Hasilnya, ditemukan 30 ekor burung endemik, yang terdiri dari 12 ekor Maleo Senkawor (Macrocephalon Maleo), 2 ekor Cendrawasih Mati Kawat (Seleucidis Melanoleucus), 6 ekor Cendrawasih Belah Rotan (Cicinnurus Manificus), 7 ekor Kolibri Black Sunbird (Leptocoma sericea), dan 2 ekor Kolibri Kelapa (Anthreptes Malacensis).

Bea Cukai Soekarno Hatta menggagalkan 2 upaya penyelundupan puluhan satwa langka tujuan Indonesia, begini modus pelaku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA