Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Gagalkan Penyelundupan Ratusan Burung Langka dari Papua

Jumat, 20 September 2019 – 11:37 WIB
Gagalkan Penyelundupan Ratusan Burung Langka dari Papua - JPNN.COM
Penyelundupan satwa langka dari Papua. Foto : Pojokpitu

jpnn.com, SURABAYA - Ditpolair Polda Jatim berhasil menggagalkan penyelundupan satwa langka dan dilindungi di perairan Surabaya.

Berbagai jenis satwa burung ini berasal dari Papua dan dibawa menggunakan kapal motor senja persada, di dermaga Kalimas, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sebanyak 145 jenis burung langka dan dilindungi asal Papua ini, diamankan di markas Ditpolair Polda Jatim, di Tanjung Perak Surabaya.

145 burung yang diamankan ini antara lain, 27 ekor burung jagal papua, 92 burung cucak papua, 22 ekor burung kasturi, dan 1 ekor burung koak. Selain itu juga ditemukan 3 tanduk rusa.

Petugas Ditpolair berhasil mengamankan 4 orang ABK, yaitu Adi, Ari, Dodi dan Adit. Mereka diduga sebagai pemilik burung.

"Saya beli dari teman di Papua, rencananya dijual kembali di Surabaya lewat media sosial," ujar Adi, salah satu tersangka penyelundupan burung langka.

Sementara itu, AKBP Kobul Syarin Ritonga Wadirpolair Polda Jatim mengatakan, 145 satwa langka itu sengaja disembunyikan di kamar mesin kapal, milik ABK agar tidak diketahui petugas.

"Setelah diperiksa, ternyata tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah," ujar AKBP Kobul.

loading...