Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Terdakwa Korupsi Ini Divonis Bebas, JPU Bereaksi Begini

Rabu, 06 Oktober 2021 – 18:15 WIB
3 Terdakwa Korupsi Ini Divonis Bebas, JPU Bereaksi Begini - JPNN.COM
Palu hakim simbol putusan pengadilan. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, BENGKULU - Tiga terdakwa perkara korupsi pembangunan pengendali banjir sungai tahun 2019 dibebaskan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Bengkulu.

Para terdakwa korupsi itu ialah Isnani Martuti selaku kontraktor/Direktur CV Merbin Indah, Kabid SDA Dinas PUPR Provinsi Bengkulu Hapizon Nazardi sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dan Direktur CV Utaka Essa Ibnu Suud sebagai konsultan pengawas.

Dalam putusannya, Ketua Majelis Hakim Fitrizal Yanto menyatakan ketiga terdakwa tersebut tidak terbukti melakukan tindak pidana korupsi dalam pengerjaan proyek sebesar Rp 6,9 miliar itu.

"Menyatakan terdakwa Isnaini Martuti tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi berdasarkan dakwaan primer dan subsider," kata hakim Fitrizal dalam persidangan, Rabu (6/10).

Keluarga para terdakwa yang hadir di dalam persidangan itu menyambut gembira divonis bebas yang diputuskan majelis hakim.

Pada kesempatan itu, hakim juga memerintahkan jaksa segera membebaskan ketiga terdakwa yang saat ini berada di dalam Rutan Kelas IIB Bengkulu.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejati Bengkulu sebelumnya menuntut ketiga terdakwa dengan tuntutan berbeda.

Isnaini dituntut selama 4 tahun penjara, sedangkan terdakwa Hapizon Nazardi dan Ibnu Suud dituntut masing-masing dengan hukuman penjara 2 tahun 6 bulan.

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Bengkulu menjatuhkan vonis bebas kepada tiga terdakwa korupsi proyek pengendali banjir sungai senilai Rp 6,9 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close