Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

40 Persen ASN Kemenag Tidak Profesional, Menag Gus Yaqut Kaget

Sabtu, 31 Desember 2022 – 11:43 WIB
40 Persen ASN Kemenag Tidak Profesional, Menag Gus Yaqut Kaget - JPNN.COM
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut soal ASN Kemenag tidak profesional. Foto: ilustrasi/ANTARA/HO-Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut membuka data indeks profesionalisme aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Agama (Kemenag). Dia kaget lantaran 40 persen amtenar kementeriannya tidak profesional.

Data itu merupakan hasil survei Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB) ASN Kemenag yang dilakukan Biro Kepegawaian.

"Hasilnya luar biasa mengejutkan, 40 persen ASN Kementerian Agama tidak profesional. Itu artinya ada 100 ribu lebih ASN di Kemenag yang tidak profesional," ujar Menag Yaqut di Jakarta, Sabtu (31/12).

Kemenag sebelumnya menggelar survei IPMB yang bertujuan mendukung pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kementerian Agama.

Survei itu untuk mewujudkan sumber daya manusia aparatur yang profesional dan moderat.

Jumlah ASN Kemenag yang mengikuti survei indeks tersebut 214.306. Angka itu juga penegas bahwa kementerian itu paling gemuk di antara instansi pemerintah lainnya.

Menag Yaqut tidak memerinci indikator-indikator apa saja yang membuat 100 ribuan ASN tersebut dikategorikan tidak profesional.

Ketua umum GP Ansor itu hanya meminta ASN tidak profesional tersebut diberi perlakuan khusus agar dapat meningkatkan kompetensinya.

Menag Gus Yaqut Cholil Qoumas kaget 40 persen ASN Kemenag atau 100 ribu pegawai kementeriannya tidak profesional. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close