Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Cara Mudah Mencegah Kolesterol Tinggi

Sabtu, 02 Maret 2019 – 15:05 WIB
5 Cara Mudah Mencegah Kolesterol Tinggi - JPNN.COM
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Biasanya, orang baru peduli terhadap kadar kolesterolnya saat hasil pemeriksaan menunjukkan kadar kolesterol tinggi, atau sudah merasakan gejala-gejalanya. Padahal akan jauh lebih baik jika melakukan upaya pencegahan. Ada beberapa cara mudah yang bisa segera Anda terapkan untuk membentengi diri dari kolesterol jahat alias LDL. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

Kolesterol memang tidak selamanya buruk bagi tubuh Anda. Hanya saja jika sampai tinggi atau berlebih, menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BmedSc(Hons) dari KlikDokter, itu bisa berujung pada berbagai penyakit seperti jantung, hipertensi, diabetes, stroke, bahkan kematian.

"Perlu diketahui, terdapat dua macam kolesterol pada tubuh. Pertama, HDL (high-density lipoprotein atau kolesterol baik) yang membawa kolesterol dari tubuh ke hati untuk dieliminasi oleh tubuh. Kedua, LDL (low-density lipoprotein). Nah, ini yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah Anda. Kadar HDL yang rendah dan LDL yang tinggi inilah yang dapat mematikan," ujar dr. Alberta Jesslyn.

Kolesterol tinggi bisa terjadi karena beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan jangka panjang, seperti banyak konsumsi makanan berminyak, daging, kegemukan dan obesitas, dan stres. Untuk mencegah kolesterol tinggi terjadi dalam tubuh Anda, lakukan beberapa hal berikut:

1. Jadwalkan olahraga rutin

Olahraga memiliki banyak manfaat sehat, termasuk membantu Anda mencegah kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Ada banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan.

Mulai dari olahraga intensitas rendah hingga aerobik—semuanya telah terbukti menunjukkan manfaat dalam menjaga tubuh lebih lentur, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat. Jika Anda bermasalah dengan kolesterol tinggi, berolahraga bisa mencegahnya meningkat.

2. Ketahui perbedaan antara lemak jenuh dan tak jenuh

Kolesterol memang tidak selamanya buruk bagi tubuh Anda. Hanya saja jika sampai tinggi atau berlebih, itu akan sangat berbahaya dan bisa berujung pada kematian.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close