Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

500 Kepsek Dilatih Menerapkan Pembelajaran yang Menyenangkan

Jumat, 30 Juli 2021 – 23:34 WIB
500 Kepsek Dilatih Menerapkan Pembelajaran yang Menyenangkan - JPNN.COM
Founder Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Muhammad Nur Rizal. Foto: tangkapan layar YouTube.

jpnn.com - Sebanyak 500 kepala SMK mengikuti program pendampingan sekolah menyenangkan. Menurut Muhammad Nur Rizal selaku pendiri Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), para kepsek tersebut akan mengikuti Kelas Perubahan selama 17 minggu hingga Desember 2021.

Peserta, lanjut Rizal, akan dilatih tentang strategi perubahan mindset agar bisa diterapkan di sekolah, pembelajaran yang lebih menekankan penalaran dan kesadaran diri, kepemimpinan dan pengelolaan.

"Ini agar kepala sekolah dapat menginisasi dan memastikan pembaharuan pendidikan terjadi di sekolah," kata Rizal dalam kick off pendampingan sekolah menyenangkan berbasis GSM terhadap 500 SMK seluruh Indonesia secara daring, Kamis (29/7).

Pada kesempatan sama, Novi Candra, selaku co-founder GSM, menjelaskan, Kelas Perubahan ini didesain sedemikian rupa untuk membantu para kepala sekolah membangun perubahan mindset dan perilaku secara komunal melalui community development yang lebih sistematis. Perubahan secara komunal ditekankan dalam kelas ini karena pendekatan ini dipercayai GSM dapat mengubah keyakinan dan perilaku. 

"Kelas ini tidak hanya diikuti satu peserta dari perwakilah sekolah melainkan kepala sekolah harus mengajak 3 orang wakil sekolah yang dapat dijadikan koalisi di sekolahnya," terang dosen psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Selain itu, lanjut Novi, pendekatan pengajaran yang dipakai adalah andragogi, di mana proses belajar peserta harus terkoneksi antara pengalaman dan kebutuhan mereka. Sehingga, kelas ini tidak akan menyita banyak waktu peserta seperti pelatihan pada umumnya.

Peserta akan banyak mempraktikkan konsep yang didapat di Kelas Perubahan untuk diimplementasikan di sekolahnya. Kelas Perubahan ini juga memastikan terjadinya stimulasi aktivitas berbagi dan berkolaborasi antarsekolah sehingga komunitas-komunitas kecil yang terlihat pergerakannya akan terbentuk. 

"Keunikan dari Kelas Perubahan ini juga terletak pada adanya materi tentang pengembangan praktik bersama antarguru di sekolah, dan antarsekolah," ucapnya. 

500 kepsek dari berbagai penjuru Indonesia mengikuti program pendampingan Sekolah Menyenangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close