Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AMANAH Ajak Generasi Muda Bersihkan Pantai Ladong Aceh Besar

Minggu, 04 Agustus 2024 – 00:05 WIB
AMANAH Ajak Generasi Muda Bersihkan Pantai Ladong Aceh Besar - JPNN.COM
Aksi bersih-bersih sampah yang dilakukan AMANAH. Dok: AMANAH.

jpnn.com, ACEH BESAR - Ratusan warga berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih Pantai Ladong di Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (3/8). Aksi tersebut mengumpulkan ratusan kilogram sampah organik dan anorganik.

Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) menggagas kegiatan ini dengan melibatkan sejumlah partisipan. Di antaranya, pelajar SMPN 3 Mesjid Raya, mahasiswa dan dosen Universitas Syiah Kuala (USK) perusahaan rintisan (startup) dan beberapa komunitas pecinta lingkungan di Aceh.

“Acaranya kita gotong royong di pantai membersihkan sampah-sampah dalam keadaan terpilah. Karena, semua sampah ini akan kita bawa ke tempatnya masing-masing untuk di-recycle,” kata Direktur Bank Sampah USK, Ir Rama Herawati MP, selaku partisipan.

Para peserta memulai aksi memungut sampah di kawasan pantai sepanjang hampir setengah kilometer. Lokasi tersebut berada kawasan pariwisata di depan Kawasan Industri Aceh (KIA).

Menurut Rama, sampah-sampah yang berserakan adalah residu makanan-minuman dari warga dan wisatawan. Di antaranya seperti, botol air minum dan kemasan plastik, sisa makanan hingga limbah organik lainnya.

“Pencemaran di sini sangat gawat karena setiap (sela-sela) batu isinya sampah. Jadi, yang menikmati bumi ini meletakkan sampahnya ke bawah. Tak bertanggung jawab saja menurut saya,” ujarnya prihatin.

Oleh karena itu, gerakan membersihkan sampah juga perlu diikuti dengan kegiatan edukasi tentang menjaga kebersihan dan pengolahan sampah. Terutama, edukasi yang menyasar generasi muda dan warga setempat.

Selain melakukan aksi bersih-bersih, AMANAH juga melakukan edukasi kepada seluruh partisipan. Pengisi materi pada kesempatan itu adalah Water Sanitation and Hygiene (Wash) Consultant dari UNICEF, Yulian Gressando.

AMANAH mengadakan kegiatan sosial dengan membersihkan sampah di Pantai Ladong bersama anak muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA