Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anas: KIB Sebaiknya Membuka Penjaringan Capres 2024

Selasa, 07 Juni 2022 – 08:52 WIB
Anas: KIB Sebaiknya Membuka Penjaringan Capres 2024 - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia Mohammad Anas AR. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia Mohammad Anas RA menyarankan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diinisiasi oleh Golkar, PAN, dan PPP membuka penjaringan Capres atau konvensi sebagai keputusan bersama.

Langkah itu, untuk menjaring bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang diusung KIB pada Pemilu 2024.

“Penjaringan Capres dapat memberi ruang kepada figur internal partai koalisi seperti Airlangga Hartarto (Ketua Umum Partai Golkar), Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN), dan Soeharso Monoarfa (Ketua Umum PPP) maupun figur eksternal,” ujar Anas melalui keterangan tertulis pada Senin (6/6/2022).

Anas menjelaskan jika koalisi ini lebih menghendaki kekuatan partai, secara otomatis Ketua Umum Partai Golkar adalah capresnya karena memiliki suara tertinggi di koalisi.

Sebaliknya, Anas menyarankan calon pasangan yang akan diusung dalam Pemilu 2024, sebaiknya berdasarkan pertimbangan kekuatan figur bukan kekuatan partai.

Menurut Anas, jika komitmennya Indonesia bersatu, maka harus menghadirkan tokoh yang bisa mempersatukan elemen bangsa sehingga perlu memberi ruang kepada tokoh independen seperti Andika Perkasa (Panglima TNI), LaNyalla Mattalitii (Ketua DPD RI), Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), Erick Thohir (Menteri BUMN), hingga Ridwan Kamil (Gubernur Jabar).

“Tokoh-tokoh ini telah mendapat dukungan masyarakat untuk maju pada pemilihan presiden mendatang dengan dasar geliat deklarasi dukungan capres 2024 yang menghiasi media belakangan ini,” ujar Anas.

Dia menyatakan penjaringan capres KIB harus dibangun atas komitmen mempersatukan rakyat bukan mempersatukan segelintir elit.

Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia Mohammad Anas RA menyarankan KIB yang diinisiasi oleh Golkar, PAN, dan PPP membuka penjaringan atau konvensi capres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close