Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anita Kolopaking Ajukan Praperadilan soal Penahanan, Mabes Polri Bilang Begini

Senin, 10 Agustus 2020 – 12:05 WIB
Anita Kolopaking Ajukan Praperadilan soal Penahanan, Mabes Polri Bilang Begini - JPNN.COM
Anita Kolopaking seusai menjalani pemeriksaan di Gedung Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejagung, Jakarta, Senin (27/7). Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

jpnn.com, JAKARTA - Tersangka kasus pemalsuan surat Anita Dewi Kolopaking mengajukan gugatan praperadilan terkait penahanan yang dilakukan Bareskrim Polri. Gugatan ini dilakukan karena pihak Anita merasa mereka kooperatif terhadap penyidik.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penahanan itu adalah kewenangan dari penyidik yang tidak bisa diintervensi. Argo pun mempersilakan kubu Anita mengajukan gugatan.

“Penahanan kewenangan penyidik, kalau memang tidak terima dengan penahana silakan saja diuji sah tidaknya penahanan di sidang praperadilan,” kata Argo ketika dikonfirmasi, Senin (10/8).

Salah satu tim kuasa hukum Anita, Tito Hananta Kusuma, mengaku keberatan dengan penahanan terhadap Anita Dewi Kolopaking yang dilakukan penyidik Bareskrim Polri.

"Anita telah menandatangani berita acara penolakan penahanan karena tidak terima dengan penahanan yang dilakukan terhadap dirinya, dan kami sudah mendaftarkan gugatan praperadilan ke pengadilan negeri terhadap upaya penahanan itu," kata Tito.

Menurut dia, penahanan tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan karena Anita kooperatif dan Tito menjamin bahwa kliennya tidak akan melarikan diri serta tidak menghilangkan barang bukti.

"Tetapi kenapa penahanan tetap dilakukan? Jadi kami melakukan upaya praperadilan untuk menguji penetapan tersangka dan penahanan terhadap Ibu Anita Dewi Kolopaking," tandas Tito. (cuy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Tersangka kasus pemalsuan surat Anita Dewi Kolopaking akan melawan Polri terkait penahanan yang dilakukan Bareskrim Polri.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close