Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Autis, 11 Tahun Bocah Hidup Terpasung

Agar Riyansyah Tak Menyakiti Diri Sendiri

Rabu, 14 September 2011 – 05:23 WIB
Autis, 11 Tahun Bocah Hidup Terpasung - JPNN.COM
TANGERANG - Riyansyah (11) putra ke dua dari dua brsaudara pasangan Rodatul (40) dan Husni Hasbullah (43) warga Kampung Cibodas Kecil RT 07/03 Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang terpaksa harus hidup terpasung selama sembilan tahun silam. Ini akibat penyakit autis yang dideritanya sejak lahir tak kunjung sembuh. 

Di rumah kontrakan Jalan Jalam Mastam Cibodas Kecil itu, Rodatul dengan sabar merawat anaknya tanpa uluran tangan orang lain. Di kamar berukuran 2x3 meter ini, kedua kaki Riyansyah diikat ke ranjang besi yang ditempatinya. Bahkan kedua tangan bocah berbadan bongsor itu juga diikat di atas perut menggunakan kain sarung. 

"Kondisi ini sudah berlangsung cukup lama, kalau tidak salah sejak usianya 1,8 tahun. Meski anak saya terlahir secara normal, namun anak kedua ini cukup pendiam. Saya membawanya ke RS Husada Insani untuk diobati. Tiba-tiba pada menjelang usia dua tahun, saat dirinya belajar tengkurap, tiba-tiba dia sering melukai dirinya dengan membenturkan kepala ke tembok atau benda keras lainnya," ujar mantan buruh parbrik tekstil itu kepada Tangerang Ekspres, kemarin. 

Selain sering membenturkan kepala, juga sering melukai tubuhnya dengan cara digaruk atau digesek-gesekkan ke benda-benda yang ada disekelilignya. Meski sudah berulang kali dibawa ke RSU Tangerang, namun penyakitnya tidak kunjung sembuh. Bahkan pada usia ke lima tahun, anak ini semakin parah. Usahanya untuk melukai dirinya sendiri semakin sering dilakukan, terpaksa oleh RSU Tangerang dirujuk ke RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

TANGERANG - Riyansyah (11) putra ke dua dari dua brsaudara pasangan Rodatul (40) dan Husni Hasbullah (43) warga Kampung Cibodas Kecil RT 07/03 Kelurahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA