Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet: Menjaga Kebhinnekaan dalam Pluralitas adalah Fitrah Bangsa Indonesia

Silaturahmi Kebangsaan Bersama Gus Miftah di Polda Bali

Kamis, 20 Mei 2021 – 17:16 WIB
Bamsoet: Menjaga Kebhinnekaan dalam Pluralitas adalah Fitrah Bangsa Indonesia - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menghadiri 'Silaturahmi Kebangsaan Demi Merawat Kebhinekaan dan Keutuhan NKRI' yang diselenggarakan Polda Bali, Kamis (20/5). Foto: MPR RI.

jpnn.com, BALI - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama tokoh ulama nasional Gus Miftah menekankan bahwa menjaga kebhinnekaan dalam pluralitas adalah fitrah bangsa Indonesia.

Menurut dia, kemerdekaan Indonesia terwujud tidak lain karena bangkitnya semangat nasionalisme.

Para pendiri dan seluruh elemen bangsa yang terdiri dari berbagai latar belakang suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) bersatu padu berjuang melawan penjajah.

Oleh karena itu, ujar dia, tugas semua elemen bangsa memastikan cita-cita proklamasi kemerdekaan mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur bisa terwujud.

"Bukan justru malah menghancurkan ikatan kebangsaan melalui polusi ujaran kebencian berlandaskan SARA. Khususnya dengan menyalahgunakan ajaran agama untuk merendahkan ataupun memusuhi saudara sebangsa. Maupun mendeskriditkan salah satu suku tertentu," kata Bamsoet dalam 'Silaturahmi Kebangsaan Demi Merawat Kebhinekaan dan Keutuhan NKRI' yang diselenggarakan Polda Bali, Kamis (20/5).

"Ingat, mereka yang bukan saudaramu dalam iman, adalah saudara dalam kemanusiaan. Dan puncak ajaran agama adalah cinta," ujar ketua ke-20 DPR RI itu.

Turut hadir antara lain Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, dan anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra.

Hadir pula para ketua dan perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama Bali, para rektor dan perwakilan dari berbagai universitas Bali, serta para perwakilan mahasiswa Papua dan elemen mahasiswa lainnya. Hadir secara virtual para Kapolres dan Kapolsek se-Bali.

Bamsoet dan Gus Miftah menekankan menjaga kebhinnekaan dalam pluralitas adalah fitrah bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia terwujud tidak lain karena bangkitnya semangat nasionalisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close