Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak Pengusaha Truk Sudah Gulung Tikar

Jumat, 17 April 2020 – 19:26 WIB
Banyak Pengusaha Truk Sudah Gulung Tikar - JPNN.COM
Ilustrasi truk bermuatan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19. Foto: ANTARA/Petrokimia Gresik

jpnn.com, BANDUNG - Wabah virus Corona (COVID-19) memukul bisnis pengusaha truk di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Omzet pengusaha truk di Jabar rata-rata turun 40 hingga 60 persen.

"Jadi penurunan omzet usaha angkutan truk bervariasi. Untuk distribusi barang bisa anjlok antara 40 hingga 60 persen. Itu terjadi karena banyak pabrik yang sudah merumahkan karyawan, bahkan berhenti berproduksi," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jabar Widya Wibawa di Bandung, Jumat (17/4).

Selain penurunan omzet, kata dia, laporan sementara ada sejumlah pengusaha truk di Provinsi Jabar yang terpaksa harus gulung tikar karena terdampak wabah COVID-19.

"Catatan sementara sekitar 20 persen pengusaha truk di Jabar sudah gulung tikar akibat pandemi COVID-19. Saat ini ada sekitar 7.000 an armada truk yang gabung di Aptrindo," kata dia.

Selain itu, lanjut Widya, semenjak satu pekan terakhir pengusaha truk di Jabar juga dihadapkan pada peningkatan ancaman keamanan, dalam bentuk pembajakan truk pengangkut bahan pokok.

Ia mengatakan, untuk kegiatan pengerukan tanah dan proyek-proyek lain yang berhubungan dengan tanah sudah berhenti total dan kegiatan pengiriman batu bara juga terhambat.

Sementara itu, pembayaran dari konsumen umumnya mundur karena terdampak COVID-19 dan beban operasional dan kewajiban untuk membayar uang jalan harian bagi sopir dan kernet serta cicilan perbankan jugang leasing tetap berjalan.

"Program relaksasi kredit yang dibicarakan Presiden hanya menjadi wacana di lapangan, tidak pernah terealisasi. Perbankan dan leasing sama sekali tidak memberikan keringanan bagi kami," kata dia.

Wabah virus Corona memukul bisnis pengusaha truk di Jawa Barat. Bahkan banyak pengusaha truk yang gulung tikar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close