Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Barisan Pembaharuan Usulkan 11 Calon Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Minggu, 07 Juli 2024 – 06:58 WIB
Barisan Pembaharuan Usulkan 11 Calon Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran - JPNN.COM
Juru Bicara dan Wakil Ketua Umum Presidium Pusat Barisan Pembaharuan (PP-BP) 08, Indah Sri Rejeki. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) akan berlangsung tanggal 20 Oktober 2024.

Pengusulan sejumlah nama yang bakal masuk di kabinet Prabowo-Gibran mulai bergulir. Salah satunya adalah usulan dari Relawan Barisan Pembaharuan 08 (BP 08).

Relawan Jokowi pada Pilpres 2019 dan Relawan Prabowo Gibran pada Pilpres 2024 ini mengusulkan sebelas nama menjadi calon menteri di Kabinet Prabowo-Gibran.

Dari nama-nama tersebut muncul tokoh-tokoh profesional, intelektual, partai politik, akademisi, relawan dan selebriti yang diusulkan.

“Kami dari Relawan Barisan Pembaharuan 08 sebagai relawan berbasis tokoh-tokoh intelektual, akademisi, kalangan profesional dan generasi muda ini mengusulkan sebelas nama-nama calon menteri. Kami berharap nama-nama tersebut bisa diakomodasi dalam penyusunan Kabinet Prabowo-Gibran,” kata Indah Sri Rejeki, Juru Bicara dan Wakil Ketua Umum Presidium Pusat Barisan Pembaharuan (PP-BP) 08, Minggu Minggu (7/7/2024).

Di antaranya nama yang diusulkan adalah Rosan Roeslani, BA, MBA (Ketua TKN Prabowo-Gibran/Mantan Duta Besar Amerika Serikat) sebagai Menteri Keuangan atau Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Dr. (HC) H. Zulkifli Hasan, SE, MM (Ketua Umum DPP PAN/Menteri Perdagangan) sebagai Menteri Kordinator Bidang Perekonomian atau Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Prof. Dr. Ir. H. Sufmi Dasco Ahmad, SH, MH (Ketua Harian DPP Partai Gerindra/Wakil Ketua DPR RI) sebagai Menteri Pertahanan atau Menteri Dalam Negeri.

Kemudian ada nama Prof. Dr. H. Yusril Izha Mahendra, SH, M.Sc (mantan Ketua Umum PBB/Tim Kuasa Hukum TKN Prabowo-Gibran) sebagai Jaksa Agung atau Menteri Hukum dan HAM, Budiman Sudjatmiko, MA, M.Phil (mantan Anggota DPR RI FPDI Perjuangan/Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran) sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), DR. Imam Addaruqutni, MA (Akademisi/Sekjen Dewan Masjid Indonesia/Tokoh Muhammadiyah) sebagai Menteri Agama atau Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

Selain itu ada nama, Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tanjung, S.Si (Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar/Mantan Ketua Umum DPP KNPI) sebagai Menteri Luar Negeri atau Menteri Perhubungan), Viva Yoga Mauladi (Wakil Ketua Umum DPP PAN/Anggota DPRI FPAN 2009-2014 dan 2014-2019) Sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menteri Perdagangan dan Silfester Matutina, SH (Ketua Umum Solidaritas Merah Putih/Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran) sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP) atau Menteri Sekretaris Negara.

Pengusulan sejumlah nama yang bakal masuk di kabinet Prabowo-Gibran mulai bergulir. Salah satunya adalah usulan dari Relawan Barisan Pembaharuan 08 (BP 08).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA