Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Benarkah Tidur Siang Membuat Kita Mengingat Hal yang Sebenarnya Tidak Terjadi?

Kamis, 05 Maret 2020 – 11:39 WIB
Benarkah Tidur Siang Membuat Kita Mengingat Hal yang Sebenarnya Tidak Terjadi? - JPNN.COM
Tidur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Organ-organ tubuh akan tetap bekerja saat kita terlelap. Begitu juga dengan otak yang terus menjalankan fungsinya. Banyak penelitian yang telah menjelaskan bahwa saat tidur, otak akan bantu meningkatkan ingatan.

Namun, katanya tidur siang dapat memicu Anda untuk mengingat kenangan-kenangan palsu yang tidak pernah terjadi. Benarkah hal itu dan bagaimana penjelasannya?

Tidur siang memicu Anda mengingat kenangan palsu

Ternyata, tidur siang bisa memicu Anda mengingat hal-hal yang bahkan tidak pernah terjadi atau juga disebut sebagai false memories. Fakta ini dikemukakan oleh sebuah penelitian yang dilakukan sekelompok ilmuwan dari Universitas Lancaster.

Dalam penelitian tersebut, peneliti merekrut sebanyak 32 mahasiswa yang tidak memiliki masalah tidur dan bebas dari kafein. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang tidur selama 1 jam 45 menit dan kelompok yang tetap terjaga.

Kedua kelompok diminta untuk fokus terhadap titik fiksasi di layar komputer, di saat yang bersamaan peserta juga ditunjukkan pada 48 kata uji yang muncul di sebelah kiri maupun di sebelah kanan dekat titik. Selanjutnya, para peserta dipasangkan alat polisomnografi yang memonitori aktivitas otak selama tidur.

Nantinya setelah selesai dari tidur, peserta akan dihadapkan kembali dengan kata-kata tersebut yang ditambahkan dengan beberapa kata baru.

Peserta harus menekan tombol ya atau tidak sesuai dengan kata-kata yang mereka lihat atau ingat sebelum tidur.

Katanya tidur siang dapat memicu Anda untuk mengingat kenangan-kenangan palsu yang tidak pernah terjadi. Benarkah hal itu dan bagaimana penjelasannya?

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close