Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bentoel Bangun Bangsa & Parongpong Luncurkan Kampanye Pengelolaan Sampah Puntung Rokok

Selasa, 02 Juli 2024 – 10:35 WIB
Bentoel Bangun Bangsa & Parongpong Luncurkan Kampanye Pengelolaan Sampah Puntung Rokok - JPNN.COM
Melalui payung program Bentoel Bangun Bangsa, Bentoel Group meluncurkan kampanye pengelolaan sampah puntung rokok yang disebut Bopong. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Melalui payung program Bentoel Bangun Bangsa, Bentoel Group meluncurkan kampanye pengelolaan sampah puntung rokok yang disebut Bopong.

Program ini diluncurkan bersamaan dengan aksi bersih pantai yang dilakukan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, bekerja sama dengan Parongpong RAW Lab dan OceanKita pada Jumat (28/6).

Selain dihadiri langsung Presiden Direktur Bentoel Group William Lumentut, serta Direktur Utama Parongpong RAW Lab, Rendy Aditya Wachid, kegiatan ini juga melibatkan perwakilan karyawan, masyarakat lokal, serta awak media untuk meningkatkan kesadaran bersama tentang urgensi masalah sampah di daerah wisata dan pesisir.

Program Bopong ini merupakan kolaborasi antara Bentoel Group dan Parongpong RAW Lab untuk menyediakan solusi terhadap permasalahan sampah puntung rokok dengan cara menyediakan tempat penyetoran (drop box) sampah puntung di tujuh titik di Jakarta dan Bandung.

Program ini akan berlangsung selama enam bulan dengan fokus pada empat pilar utama, yakni peningkatan kesadaran masyarakat, pengumpulan sampah puntung rokok, pelibatan komunitas, dan daur ulang sampah.

Selanjutnya, sampah puntung rokok yang terkumpul nantinya akan melalui proses prototech hydrothermal treatment milik Parongpong RAW Lab, dan diubah menjadi material terbarukan (renewable material) berupa berbagai bentuk furniture.

Sebelumnya, program Bopong telah diujicobakan di Bandung pada tahun 2023 dengan menggandeng sebanyak 53 hotel, restoran dan kafe (horeka) dan berbagai komunitas setempat dalam upaya edukasi dan pengumpulan sampah puntung rokok. Hasilnya, sebanyak 160 kilogram sampah puntung rokok berhasil terkumpul dalam tiga bulan.

“Senang sekali hari ini kami bisa bekerja sama dengan Parongpong RAW Lab dan OceanKita dalam menyelenggarakan kegiatan bersih pantai. Inisiatif ini sejalan dengan strategi kami untuk menempatkan ESG di garda terdepan sebagai bagian dari transformasi bisnis untuk Menciptakan Masa Depan yang Lebih Baik (A Better Tomorrow)," kata Presiden Direktur Bentoel Group William Lumentut.

Bentoel Group meluncurkan kampanye pengelolaan sampah puntung rokok yang disebut Bopong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close