Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Besarkan Anak Difabel di Australia, Orang Tua Asal Indonesia Saling Membantu Lewat Grup WhatsApp

Selasa, 06 Juni 2023 – 23:35 WIB
Besarkan Anak Difabel di Australia, Orang Tua Asal Indonesia Saling Membantu Lewat Grup WhatsApp - JPNN.COM
Oliver pernah berpartisipasi mewakili Indonesia dengan menggunakan pakaian daerah Aceh di acara International Cultural Celebration Parade Pako Festa yang digelar di Geelong. (Foto: Koleksi pribadi)

Sejumlah orang tua asal Indonesia mengaku jika membesarkan anak-anak mereka di Australia memiliki tantangan tersendiri. Lalu ada tantangan tambahan jika anak-anak mereka difabel.

Namun, mereka tidak hanya menceritakan perjuangan yang harus dilalui, tetapi juga sukacita yang dirasakan.

Oliver Prawiro Kimpton lahir dengan kondisi normal di Melbourne, Australia pada tahun 2003.

Namun di usia delapan bulan Oliver mulai menunjukkan gejala keterlambatan, seperti yang diceritakan Kathy Kimpton, ibunya.

Kathy mengatakan Oliver sempat dibawa kembali ke Indonesia dan dokter spesialisasi neurologi menyarankannya untuk melakukan serangkaian tes, seperti MRI, CT-scan dan lainnya.

"Lalu ditemukan kalau Oliver ternyata mempunyai brain damage atau celebral palsy yang kebanyakan berada di sebelah kiri otaknya, sehingga bagian sebelah kanan tubuhnya lumpuh," ujar Kathy kepada ABC Indonesia.

Tapi pada usianya yang ke-19 tahun, Oliver mulai mengalami banyak kemajuan lewat terapi. Kini, ia sudah bisa berjalan hingga naik sepeda dan skuter khusus, meski tetap perlu diawasi.

"Syukurlah, melalui terapi dan usaha kami untuk mengenalnya lebih dalam, ia sekarang lebih tenang dan mulai suka berinteraksi dengan orang lain."

Sejumlah orang tua asal Indonesia mengaku jika membesarkan anak-anak mereka di Australia tidaklah mudah karena perbedaan budaya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close