Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bicara Hubungan Baik RI-Afghanistan, HNW Beri Saran Begini kepada Pemerintah

Sabtu, 21 Agustus 2021 – 18:40 WIB
Bicara Hubungan Baik RI-Afghanistan, HNW Beri Saran Begini kepada Pemerintah - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid angkat topi atas keberhasilan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri dan TNI dalam mengevakuasi WNI dari Afghanistan.

"Keberhasilan pemerintah mengevakuasi WNI ini lebih cepat dan tanpa hambatan dibanding proses evakuasi terhadap WNI di Wuhan saat awal masa pandemi Covid-19. Ini tentu berkat hubungan baik Indonesia dengan para pihak di Afghanistan," kata Hidayat Nur Wahid atau HNW di Jakarta, Sabtu (21/8).

Dia menilai proses evakuasi 26 WNI dengan pasangannya yang warga Afghanistan, berlangsung tanpa ada kendala sebagaimana tragedi yang terjadi saat pesawat Amerika Serikat (AS) akan mengevakuasi warganya dari Afghanistan.

HNW mengingatkan proses evakuasi itu bukan berarti Indonesia melarikan diri dari tanggung jawab untuk menghadirkan perdamaian dunia, tetapi itu juga sebagai perwujudan dari amanat konstitusi, yakni melindungi seluruh Bangsa Indonesia, apalagi yang berada di daerah konflik.

Oleh karena itu, kata HNW, dengan mempertimbangkan hubungan baik antara Indonesia dengan Afghanistan dan Taliban, sudah sewajarnya Menlu RI Retno Marsudi terus bersikap konstruktif, mendorong masyarakat dunia membantu menyelesaikan masalah di Afghanistan.

Pada saat yang sama, petinggi PKS ini mendorong pemerintah melakukan pendekatan yang oleh Menlu Retno disebut sebagai Afghan-Led dan Afghan-Owned. Yaitu, dengan mengedepankan maslahat dan kepentingan Afghanistan dalam mewujudkan perdamaian dan solusi dengan melibatkan seluruh pihak di internal Afghanistan.

"Sikap menlu yang bijak ini penting disuarakan lebih serius dan lebih aktif melalui forum-forum internasional. Seperti di PBB maupun OKI," ucap HNW.

Menurut wakil ketua Majelis Syuro PKS itu, karena de facto sekarang Taliban yang menguasai Afghanistan, sementara masih ada perlawanan dari Panshir dipimpin oleh Ahmad Mashood dan wapres Amrullah Sholih, maka penting juga bagi Kemenlu RI melobi agar jangan sampai terjadi perang terbuka sesama warga Afghanistan.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid meminta Menlu RI Retno Marsudi terus bersikap konstruktif dan mendorong masyarakat dunia membantu menyelesaikan masalah di Afghanistan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close