Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bupati Paulus: Sumba Tengah Darurat Hama Belalang

Sabtu, 13 Maret 2021 – 15:53 WIB
Bupati Paulus: Sumba Tengah Darurat Hama Belalang - JPNN.COM
Bupati Sumba Tengah Paulus SK Limu. (ANTARA/HO-Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sumba Tengah)

jpnn.com, KUPANG - Hama belalang menyerang ratusan hektare tanaman pertanian di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sumba Tengah pun dinyatakan dalam kondisi darurat hama belalang.

“Kondisi Sumba Tengah saat ini sudah saya nyatakan darurat hama belalang, yang makin masif menyerang tanaman jagung petani. Sudah 200-an hektare (yang diserang), dan ada ratusan hektare lagi juga berpotensi diserang," kata Bupati Sumba Tengah Paulus SK Limu ketika dihubungi dari Kupang, NTT, Sabtu (13/3).

Paulus menjelaskan hama belalang menyerang daerah setempat sejak September 2020 lalu. Saat ini, ujar Paulus, hama belalang makin masif menyerang tanaman jagung petani terutama di Kecamatan Umbu Ratu Ngga.

Oleh karena itu Bupati Paulus mengatakan setiap hari sekitar 100 pegawai dari kabupaten dikerahkan ke lapangan untuk membantu pembasmian hama tersebut.

"Setiap hari, tiga atau empat SKPD (satuan kerja perangkat daerah) masing-masing mengerahkan anggota sekitar 20- an orang untuk ke lapangan membantu penyemprotan cairan pestisida," katanya.

Dia mengatakan pada hari Minggu pun petugas pemerintah terus bekerja secara bergilir karena hama belalang menyebar makin cepat. Terutama dari belalang yang sudah bisa terbang.

"Pembasmian lebih efektif dilakukan saat belalang masih kecil yang baru menetas, karena jika sudah besar dan bisa terbang maka butuh kerja ekstra lagi," katanya.

Paulus menambahkan saat ini upaya kolaboratif antara petugas dari kabupaten bersama aparat desa, serta tokoh masyarakat, dan warga atau petani terus berjalan untuk melakukan pembasmian.

Bupati Sumba Tengah Paulus SK Limu menyatakan daerahnya darurat hama belalang. Hama belalang telah menyerang ratusan hektare tanaman pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close