Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Penuaan Dini, Amankah Minum Bubuk Kolagen?

Rabu, 16 Oktober 2019 – 23:41 WIB
Cegah Penuaan Dini, Amankah Minum Bubuk Kolagen? - JPNN.COM
Kolagen yang disuntikan pada wajah. Foto: tampilcantik

jpnn.com - Orang-orang minum bubuk kolagen untuk manfaat anti-penuaan - tetapi seberapa aman itu? Banyak orang menggembar-gemborkan manfaat bubuk kolagen peptida dan menambahkannya ke smoothie mereka.

Jadi sebenarnya apa itu kolagen?

"Kolagen adalah protein struktural yang terbuat dari asam amino yang ditemukan secara alami di jaringan ikat tubuh kita, seperti kulit, rambut, otot, tulang, dan bahkan pembuluh darah," kata Keri Gans, ahli gizi diet terdaftar dan penulis The Small Change Diet, seperti dilansir laman Yahoo Lifestyle, Senin (14/10).

"Ini pada dasarnya adalah 'lem' yang menyatukan tubuh kita, memungkinkan kita untuk bergerak dan menemukan stabilitas," tambah Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai.

Kolagen merupakan protein utama di kulit yang menyediakan struktur dan dukungan, dan yang berperan dalam menjaga kulit terlihat halus, kencang, dan bebas kerut.

Tetapi produksi kolagen melambat seiring bertambahnya usia, itulah sebabnya banyak orang beralih mengonsumsi kolagen peptida (juga dikenal sebagai kolagen terhidrolisis) dengan harapan bahwa suplemen ini akan membalikkan atau setidaknya mencegah penuaan kulit.

Harapannya adalah dengan mengonsumsi kolagen, maka hal ini bisa membantu memperkuat kulit kita dan mengurangi penampilan garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan tekstur kulit.

Tetapi apakah mengonsumsi bubuk kolagen benar-benar bermanfaat? Well, mungkin saja.

Kolagen merupakan protein utama di kulit yang menyediakan struktur dan dukungan, dan yang berperan dalam menjaga kulit terlihat halus, kencang, dan bebas kerut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close