Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dipecat sebagai Polisi, Ipda Rudy Soik Ajukan Permohonan Banding

Kamis, 17 Oktober 2024 – 09:16 WIB
Dipecat sebagai Polisi, Ipda Rudy Soik Ajukan Permohonan Banding - JPNN.COM
Kabid Humas Polda NTT Kombes Ariasandy. ANTARA/HO-Humas Polda NTT

jpnn.com, NUSA TENGGARA TIMUR - Perwira Menengah Pelayanan Markas Polda NTT, Ipda Rudy Soik yang diputuskan dipecat secara tidak hormat mengajukan permohonan banding kepada Polda NTT.

"Permohonan Banding yang diajukan Ipda Rudi Soik sudah kami terima, dan kami (Polda NTT) akan memfasilitasi proses bandingnya," kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Ariasandy di Kupang, Kamis.

Sebagaimana diketahui, Rudi Soik telah menjalani sidang Kode Etik Profesi Polri (KKEP) pada 10 Oktober 2024. Setelah melalui proses persidangan, pada 11 Oktober 2024, Rudi dijatuhi sanksi PTDH karena melakukan sejumlah pelanggaran disiplin.

Pengajuan banding ini merupakan langkah hukum yang diambilnya untuk meminta peninjauan kembali atas keputusan tersebut.

Mantan Kapolres Timor Tengah Selatan (TTS) itu menegaskan bahwa Polda NTT berkomitmen untuk menjalankan proses hukum yang adil dan transparan, memberikan kesempatan kepada semua anggota Polri untuk membela hak-haknya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Proses Banding ini diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama," pungkasnya.

Ariasandy menjelaskan bahwa pemohon banding yang dijatuhkan sanksi administratif berhak mengajukan banding atas putusan sidang kepada pejabat pembentuk KKEP banding melalui sekretariat KKEP sesuai peraturan kepolisian RI No 7 Tahun 2022 tentang kode etik profesi dan komisi kode etik Polri pasal 69.

"Pernyataan Banding ditandatangani oleh pemohon banding dan disampaikan secara tertulis melalui Sekretariat KKEP dalam jangka waktu paling lama tiga hari kerja setelah putusan sidang dibacakan KKEP," ujar dia.

Perwira Menengah Pelayanan Markas Polda NTT, Ipda Rudy Soik yang diputuskan dipecat secara tidak hormat mengajukan permohonan banding kepada Polda NTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA