Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Empat Dalang di 'Indonesia Menyala'

Ki Dahlan Iskan, Ki Margiono, Ki Suparno Wonokromo, dan Ki Manteb Sudarsono

Sabtu, 24 Juli 2010 – 10:21 WIB
Empat Dalang di 'Indonesia Menyala' - JPNN.COM
Ki Manteb Sudarsono saat tampil dalam pertunjukan wayang. Foto: ISWARA BAGUS/RADAR SOLO

jpnn.com, JAKARTA - Empat Pedalang menunjukkan kepiawaiannya memainkan wayang di depan 500 orang di pelataran kantor pusat PT PLN (Persero), Jakarta, Jumat (23/7) malam. Pagelaran wayang semalam suntuk bertema “Ayo Kita Nyalakan Indonesia Seluruhnya dan Kita Senyumkan Konsumen” itu dibuka oleh Dirut PT PLN, Ki Dahlan Iskan, dilanjutkan oleh Ki Margiono (Ketum PWI), Ki Suparno Wonokromo (pimpinan Sumatera Ekspres Group), dan Ki Manteb Sudarsono.

Ki Suparno mengatakan, lakon yang disuguhkan menceritakan Jumenengen Parikesit. Cerita itu terdiri dari tiga lakon. “Lakon pertama, Wahyu Mukotoromo. Wahyu Makutoromo itu intinya begawan Kretowarsidi, pandito itu memberi wejangan pada Arjuno bahwa kamu besok akan menurunkan anak yang akan menurunkan ratu. Kemudian, Arjuno ini mempunyai anak namanya Abimanyu. Abimanyu ini nanti dalam lakon Wahyu Cakraningrat,” cerita Ki Suparno.

Lakon Wahyu Makutoromo dibawakan oleh Ki Margiono, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Ki Suparno membawakan lakon Wahyu Cakraningrat. “Saya bagian Wahyu Cakraningrat. Waktunya sama seperti Ki Margiono, satu jam seperempat. Ki Manteb yang sampai subuh,” ujarnya.

Setelah Abimanyu lahir, kemudian menerima Wahyu, ia punya anak namanya Parikesit. Parikesit inilah yang menjadi ratu. “Kita menggambarkan tentang kepemimpinan Parikesit, setelah pandawa dan kurawa habis bratayuda. Artinya, kira-kira, PLN era lama tutup, kini membuka lembaran baru untuk menjadikan Indonesia terang benderang. Diharapkan Indonesia menjadi lebih baik. Itulah intinya. Temanya ‘kan agar Indonesia menyala, hahaha..,” ujar Ki Suparno tertawa lepas.

Empat Pedalang menunjukkan kepiawaiannya memainkan wayang di depan 500 orang di pelataran kantor pusat PT PLN (Persero), Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    James Camino

    Sabtu, 11 Mei 2024 – 08:03 WIB
    James Camino - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Tim Sukses

    Jumat, 10 Mei 2024 – 07:56 WIB
    Tim Sukses - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Timah Kolektor

    Rabu, 08 Mei 2024 – 07:07 WIB
    Timah Kolektor - JPNN.com
  • Hukum

    Usut Kasus Korupsi di PLTU, KPK Periksa Pejabat PLN

    Selasa, 07 Mei 2024 – 13:56 WIB
    Usut Kasus Korupsi di PLTU, KPK Periksa Pejabat PLN - JPNN.com
X Close