Alexa Analytics
Gerakan Satu Indonesia Stop Corona

Empat Perompak di Perairan Batam Diringkus TNI-AL

Minggu, 24 Mei 2020 – 07:15 WIB
Empat Perompak di Perairan Batam Diringkus TNI-AL - JPNN.COM
Lantamal IV mengamankan boat pancung yang digunakan para pelaku perampokan di perairan Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Foto: ANTARA/HO-Dispen Lantamal IV

jpnn.com, TANJUNGPINANG - Tim F1QR Lantamal IV Tanjungpinang berhasil menangkap empat pelaku perompakan di Perairan Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Penangkapan berawal dari laporan adanya orang tak dikenal (OTK) yang naik ke kapal MT Ocean Leader yang sedang lego jangkar di perairan Tanjung Uban, Bintan pada tanggal 17 Mei 2020, pukul 04.00 WIB untuk melakukan perompakan/pencurian.

Berikutnya pada tanggal 18 Mei 2020 pukul 21.30 WIB, adanya percobaan perompakan/pencurian terhadap kapal sedang berlayar di Utara Nongsa Batam, yaitu kapal SV. Winposh Resolve yang sedang ditunda oleh TB. SMS.

"Dengan adanya dua kejadian tersebut, saya memerintahkan Tim F1QR Lantamal IV untuk bergerak menyelidiki dan menangkap para pelaku percobaan perompakan/pencurian itu," kata Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah melalui siaran pers tertulis diterima di Tanjungpinang, Sabtu.

Menurut Danlantamal, dari hasil penyelidikan Tim F1QR Lantamal IV, diperoleh informasi adanya sarana boat pancung bermesin tempel 40 PK merek Yamaha, yang dicurigai sering melakukan tindak kriminal pencurian barang-barang dari kapal.

Setelah itu, Tim F1QR Lantamal IV menindaklanjuti dengan pembagian tugas l, yaitu tim darat untuk penyelidikan di darat dan tim laut untuk melaksanakan patroli di perairan Sekupang, Tanjung Uncang, Sagulung dan Dapur 12 Batam.

Lanjutnya pada hari Jumat (21/5) sekira pukul 20.30 WIB, pada saat Sea Rider Tim F1QR Lantamal IV sedang berpatroli di perairan Selat Bulan, Batam.

Kemudian sebuah boat pancung yang mencurigakan bergerak dari arah Tanjung Uncang Batam menuju Pulau Buluh Sagulung Batam, lalu Sea Rider Tim F1QR Lantamal IV mencoba mengejar dari arah berlawanan boat pancung tersebut.

loading...