Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Enam Langkah Mudah Atasi PCOS Bagi Calon Ibu

Senin, 01 Oktober 2018 – 16:15 WIB
Enam Langkah Mudah Atasi PCOS Bagi Calon Ibu - JPNN.COM
Nyeri Haid. Ilustrasi. Foto WomCare

jpnn.com - PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Kondisi ini menyebabkan hormon wanita yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang karena hal-hal yang tidak diketahui.

Tanda-tanda awal PCOS adalah masa ovulasi atau subur yang tidak beraturan, meningkatnya kadar hormon pria (androgen) dalam tubuh wanita dan munculnya banyak kista (kantong berisi cairan) pada ovarium.

Jika seorang wanita mengalami setidaknya dua dari tiga tanda awal itu, maka kemungkinan ia mengidap PCOS. Berikut ini beberapa tips mudah mengatasi PCOS, seperti dilansir laman India Times, Minggu (30/9).

1. Tingkatkan kadar vitamin D

Menambahkan vitamin D ke rutinitas sehari-hari telah diamati bisa meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan keberhasilan penurunan berat badan, memperlambat pembentukan kista ovarium, mengatur periode, meminimalkan peradangan, mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol, menurunkan trigliserida tinggi dan mengurangi androgen dalam aliran darah.

2. Dapatkan BMI ke kisaran normal

Penurunan berat badan dianjurkan jika Anda memiliki BMI normal di atas atau melayang di sekitar batas luar rentang yang sehat. Kehilangan sesedikitnya 10 persen dari berat badan Anda bisa membantu mengatur siklus menstruasi Anda dan bahkan meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

Karena berat badan berkurang, kadar glukosa darah Anda mungkin menurun dan sensitivitas insulin meningkat, memulihkan keseimbangan hormon normal atau normal.

PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close