Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Engelina Pattiasina: Jangan Lagi Mengelola Blok Masela seperti Gaya Kolonial

Jumat, 01 September 2023 – 10:58 WIB
Engelina Pattiasina: Jangan Lagi Mengelola Blok Masela seperti Gaya Kolonial - JPNN.COM
Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina bicara soal pengelolaan Blok Masela. Foto: dok.pribadi for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina mengatakan, keputusan Presiden Joko Widodo soal pengembangan kilang Blok Masela sudah jelas.

Presiden Jokowi sudah memutuskan Blok Masela dibangun onshore (darat), tidak ada kombinasi darat dan laut (offshore) seperti yang direncanakan saat ini.

Karena itu, Engelina menilai sangat wajar jika muncul kekhawatiran kilang Blok Masela ini secara halus mau dikembalikan ke laut, karena rakyat Maluku tidak mendapat manfaat secara maksimal.

Dia mengatakan, hanya zaman kolonial yang mengambil kekayaan tanpa memikirkan rakyat pemilik kekayaan alam.

“Yang terbaik untuk Maluku tetap sesuai keputusan Presiden. Jangan telikung begitu saja. Itu yang sesuai dengan aspirasi Maluku,” kata Engelina di Jakarta, Kamis (31/8).

Engelina mengatakan hal tersebut merespons pernyataan Dirut Pertamina Nicke Widyawati dalam rapat dengan Komisi VII DPR RI pada Rabu (30/8).

Nicke pada rapat di Senayan itu mengatakan, kalau secara teknis eksplorasi gas akan dilakukan di tengah laut (offshore), sementara produksi dan penyimpanan gas secara floating di tengah laut, dan terminal LNG di daratan (onshore), termasuk fasilitas CCUS.

"Sampai saat ini kami meyakini ini cara yang paling cepat dan efektif yang bisa mengakomodir semua aspirasi yang ada," kata Nicke.

Engelina Pattiasina mengingatkan agar pengelolaan kilang Blok Masela sesuai dengan keputusan Presiden Jokowi, jangan seperti gaya kolonial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close