Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ferry Yuniarto Kono: Industri Olahraga Berperan Strategis Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 21 Agustus 2024 – 19:07 WIB
Ferry Yuniarto Kono: Industri Olahraga Berperan Strategis Mendorong Pertumbuhan Ekonomi - JPNN.COM
Suasana diskusi dengan tema Industri Olahraga: Meningkatkan Partisipasi dan Memperbesar Kontribusi di Space Q Building Jakarta pada Rabu (21/8). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Industri Olahraga di Indonesia terus menunjukkan potensinya sebagai lokomotif utama dalam menciptakan prestasi yang berkelanjutan sekaligus berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Partisipasi berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan komunitas olahraga, diharapkan dapat mempercepat pengembangan industri ini, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara luas oleh masyarakat.

Sebagai tindak lanjut dari pentingnya peran Industri Olahraga, QSight, sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh QComm, menyelenggarakan diskusi dengan tema Industri Olahraga: Meningkatkan Partisipasi dan Memperbesar Kontribusi di Space Q Building Jakarta pada Rabu (21/8).

Diskusi ini bertujuan mendorong sinergi dan kolaborasi di antara pemangku kepentingan, guna mendukung pengembangan Industri Olahraga nasional sehingga memberikan dampak positif bagi ekosistem olahraga di Indonesia.

Direktur Lembaga Pengelolaan Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kementerian Pemuda dan Olahraga, Ferry Yuniarto Kono menjelaskan pemerintah telah mengambil berbagai langkah dan kebijakan untuk mengembangkan Industri Olahraga nasional.

"Kami telah melakukan berbagai upaya strategis untuk memperkuat sektor ini, termasuk fokus pada pengembangan industri olahraga yang sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). DBON memberikan kerangka kerja yang jelas untuk menciptakan ekosistem olahraga yang lebih profesional, kompetitif, dan berkelanjutan di Indonesia," ujar Ferry.

Ferry menegaskan kolaborasi lintas sektor menjadi kunci utama dalam mengembangkan Industri Olahraga yang berkelanjutan di Indonesia. Selain itu, mengintegrasikan elemen hiburan dan pariwisata dalam olahraga, atau sportainment dan sport tourism, merupakan salah satu strategi penting dalam rangka menarik minat yang lebih luas dari masyarakat sekaligus menciptakan multiplier effect sosial ekonomi yang besar.

"Sportainment dan sport tourism adalah salah satu cara kita untuk membuat olahraga lebih menarik dan menghibur. Dengan menggabungkan elemen hiburan dan pariwisata, kita tidak hanya menarik perhatian publik, tetapi juga membuka peluang bisnis baru. Ini membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dan membuat olahraga lebih relevan serta mengesankan dalam kehidupan sehari-hari," jelas Ferry.

Dia menjelaskan, jika melibatkan anggaran negara, pengembangan olahraga umumnya terkendala beberapa persoalan administrasi pendanaan. Setidaknya ada empat masalah administrasi pendanaan olahraga yaitu mekanisme belanja negara, mekanisme penerimaan negara yang harus masuk sebagai penerimaan negara bukan pajak, sifat kepanitiaan yang bersifat ad hoc atau sementara, serta penyelesaian evaluasi dan laporan pekerjaan.

Industri Olahraga di RI terus menunjukkan potensinya sebagai lokomotif utama dalam menciptakan prestasi sekaligus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA