Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerakan Tegak Lurus Reformasi Tolak Pelanggar HAM Jadi Presiden

Senin, 11 Desember 2023 – 15:07 WIB
Gerakan Tegak Lurus Reformasi Tolak Pelanggar HAM Jadi Presiden - JPNN.COM
Aksi Renungan 1000 Lilin Memperingati Hari Hak Asasi Manusia yang digelar Gerakan Tegak Lurus Reformasi di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (10/12). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan Tegak Lurus Reformasi menuntut penuntasan kasus pelanggaran HAM berat melalui pengadilan khusus dan menolak impunitas.

Hal itu menjadi pesan yang disuarakan Aksi Renungan 1000 Lilin Memperingati Hari Hak Asasi Manusia yang digelar puluhan aktivis di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (10/12).

Aktivis prodemokrasi Noviana Kurniati menyampaikan bahwa sampai saat ini tidak ada keseriusan dalam pengusutan kasus pelanggaran HAM berat.

Keppres no 17 tahun 2022 tentang pembentukan Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran HAM Berat masa lalu disebutnya sekadar upaya pemerintah untuk membersihkan atau menutup kasus-kasus ini.

"Kami melihat penyelesaian belum mengenai ke substansinya, malah kami melihat langkah penyelesaian hanya terfokus pada pemberian kompensasi. Sedangkan kasus tetap gelap, dimana para pelaku masih saja bebas," kata Novi, Senin (11/12).

Sementara itu, Ruscain Qurbani dalam orasinya menyoroti janji pemerintah dan elite politik menuntaskan kasus Semanggi, Trisakti dan pelanggaran HAM berat lainnya, sampai sekarang belum terealisasi.

Aktivis Barikade 98 ini pun mengingatkan para elite politik untuk menyadari kesalahan dan segera bertaubat.

"Pada malam renungan ini, kami rakyat Indonesia menyatakan kepada para elite politik, khususnya yang sedang sibuk pilpres, untuk memperhatikan kasus pelanggaran HAM dan punya nurani untuk mencegah kasus serupa terulang kembali. Impunitas atau kekebalan hukum harus dihapuskan," imbuh Ruscain.

Hal itu menjadi pesan yang disuarakan Aksi Renungan 1000 Lilin Memperingati Hari Hak Asasi Manusia yang digelar puluhan aktivis di Tugu Proklamasi, Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close