Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerindra Berharap Kasus Wilfrida tak Terulang

Senin, 13 Januari 2014 – 16:20 WIB
Gerindra Berharap Kasus Wilfrida tak Terulang - JPNN.COM
Wilfrida Soik. Foto: Voa Indonesia

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah diminta untuk lebih peduli dan solutif terkait permasalahan yang menimpa tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Partai Gerindra berharap kasus TKI terancam hukuman mati seperti yang terjadi pada TKI asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Wilfrida Soik tak terulang lagi.

"Perhatian pemerintah sangat diperlukan dan perhatian itu harus menyeluruh mulai dari tingkat daerah sampai tingkat pusat. Karena kasus Wilfrida ini sudah menjadi keprihatinan bangsa, dan jangan terulang lagi," kata pengurus DPP Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (13/1).

Minggu (13/1) kemarin, Saraswati diutus oleh Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk memantau sidang lanjutan kasus Wilfrida di Malaysia. Saraswati selama ini aktif memperjuangkan gerakan anti perdagangan manusia dan perbudakan modern melalui Yayasan Parinama Astha yang diketuainya.

Ia menegaskan, pendampingan bagi TKI yang terjerat kasus hukum sangat penting. Apalagi, TKI kerap memiliki posisi yang lemah pada proses hukum.

"Mereka memerlukan pendampingan yang serius bukan hanya dari pemerintah tetapi juga dari masyarakat yang peduli. Dan kami atas inisiatif pak Prabowo juga sudah berbuat yang terbaik untuk Wilfrida," ujarnya.

Ke depannya, pemerintah diharapkan lebih aktif mensosialisasikan bahaya dan potensi perdagangan manusia kepada masyarakat. Khususnya kepada kaum muda yang bermaksud mengadu nasib ke luar negeri.

Saraswati mengingatkan, korban perdagangan manusia mayoritas adalah anak muda yang berasal dari keluarga miskin.

"Oleh sebab itu, pemerintah harus mencari jalan keluar untuk kesejahteraan rakyat. Kalau tidak dilakukan, kejadian akan terus berulang. Hal seperti inilah yang harus kita cegah bersama-sama," tandas perempuan berambut warna pirang ini.

JAKARTA - Pemerintah diminta untuk lebih peduli dan solutif terkait permasalahan yang menimpa tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA