Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Guru Penggerak Dinilai Menumbuhkan Optimisme Perbaikan Kualitas Generasi Masa Depan

Kamis, 02 Juli 2020 – 19:20 WIB
Guru Penggerak Dinilai Menumbuhkan Optimisme Perbaikan Kualitas Generasi Masa Depan - JPNN.COM
Ilustrasi Program Guru Penggerak Kemendikbud. Foto: Antara/HO-Dok pri

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri menyambut baik program Guru Penggerak.

Pada dasarnya, kata dia, guru merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas generasi masa depan Indonesia.

"Munculnya Guru Penggerak yang ingin disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sudah bagus. Ada revitalisasi untuk melakukan hal besar nantinya dalam dunia pendidikan," ujar Ganefri, Kamis (2/7).

Ganefri menuturkan, selama ini profesi guru kerap menjadi sorotan dalam berbagai aspek. Satu di antaranya ialah menyangkut kapasitas individu.

"Kalau optimismenya, Guru Penggerak Kemdikbud bisa sebagai solusi untuk menjawab peningkatan kompetensi Guru pada masa depan. Guru yang punya keahlian berdaya saing," ucap Ganefri.

Sebagai informasi, program Guru Penggerak ini dirancang dengan menitikberatkan pada kualitas pelatihan dan pendampingan.

Tujuannya agar peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang berdaya, dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar murid.

Untuk menjadi Guru Penggerak, pendidik harus mengikuti tahap-tahapan yang telah diberlakukan, yaitu Seleksi Calon Guru Penggerak, kemudian Calon Guru Penggerak mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan baru di sekolah dan komunitasnya.

loading...