Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Habib Aboe Minta Bareskrim Bekerja Optimal Usut Kebakaran Gedung Kejagung

Jumat, 18 September 2020 – 12:29 WIB
Habib Aboe Minta Bareskrim Bekerja Optimal Usut Kebakaran Gedung Kejagung - JPNN.COM
Anggota Komisi III DPR Aboebakar Al Habsy. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Habib Aboe Bakar Al Habsy mengaku kaget mendengar kesimpulan penyelidikan tim Bareskrim Polri yang menemukan unsur pidana dalam kebakaran gedung utama Kejaksaan Agung. Politikus PKS itu meminta Bareskrim Polri lebih bekerja optimal untuk terus mengusut tuntas kasus tersebut.

"Kesimpulan yang diambil oleh tim Labfor Bareskrim sungguh mengejutkan saya, hasil kajian mereka yang mengungkapkan bahwa sumber api yang membakar gedung Kejagung berasal dari open flame," kata Aboe, Jumat (18/9).

Aboe menjelaskan bahwa tentunya hal ini memiliki konsekuensi yang panjang. Artinya, kata Aboe, kebakaran kantor Kejagung diduga ada unsur kesengajaan. "Berarti pula ada unsur pidana dalam kebakaran tersebut," tegasnya.

Karena itu, Aboe menegaskan Bareskrim Polri tentunya harus menindaklanjuti kesimpulan tersebut dengan langkah penyidikan. "Memang hal ini menjadi tantangan berat bagi Bareskrim, karena harus mampu mengungkap fakta yang terjadi dan membongkar motif dugaan pembakaran gedung Kejaksaan tersebut," katanya.

Menurutnya, perkara ini bukan main-main, karena banyak terselip rumor skandal penegakan hukum di balik kebakaran gedung Kejagung tersebut. Selain itu, kata dia, ini adalah terkait muruah penegakan hukum di  Indonesia. "Jangan sampai ada yang berkesimpulan kejadian ini adalah upaya untuk mengubur skandal besar penegakan hukum," kata dia mengingatkan.

Karena itu, ketua kelompok Fraksi PKS di Komisi III DPR ini meminta Bareskrim Polri bekerja secara optimal untuk membongkar perkara tersebut.

"Kami support mereka untuk mengungkap siapa saja pelakunya, apa motifnya, dan jika mungkin ada aktor intelektualnya. Semua harus diurai sampai dengan ke akarnya," katanya.

Menurutnya, tindakan ini adalah perbuatan terkutuk yang harus disanksi secara tegas. "Jika tidak, ini akan menjadi preseden buruk penegakan hukum di Indonesia," pungkas Aboe. (boy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Habib Aboe meminta Bareskrim Polri mengusut tuntas kasus kebakaran gedung Kejagung. Ini bukan persoalan main-main.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close