Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harga Beras di Karawang Naik, Produksi Turun, tetapi Stok Masih Aman

Kamis, 07 September 2023 – 16:59 WIB
Harga Beras di Karawang Naik, Produksi Turun, tetapi Stok Masih Aman - JPNN.COM
Harga Beras di Karawang naik. Ilustrasi - Petani. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Harga beras mengalami kenaikan di sejumlah pasar tradisional sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sejak beberapa bulan terakhir.

"Kenaikannya sekitar 8-9 persen," kata seorang pedagang pasar beras di Pasar Baru Karawang, Jajang, di Karawang, Rabu (8/9).

Jajang menyampaikan pada awal Agustus 2023, beras medium harganya Rp 11.400 per kilogram.

Namun, pada awal-awal September, harga beras medium itu naik menjadi Rp 12.400 per kilogram.

Hal itu juga terjadi pada harga beras premium, sebelumnya atau pada awal-awal Agustus, harganya Rp 12.150 per kilogram, naik sebulan kemudian menjadi Rp 13.350 per kilogram.

Sejumlah pedagang beras di Pasar Baru Karawang menduga kalau kenaikan harga beras di pasaran itu karena keterbatasan pasokan menyusul terjadinya cuaca ekstrem, sebagai dampak dari El Nino.

"Kemungkinan karena panen padi tidak mencukupi permintaan beras di pasaran, sehingga harganya mengalami kenaikan," kata dia.

Sub Koordinator Pengendalian Pangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang, Wahyu mengaku akan berupaya mengatasi kenaikan harga beras di pasaran.

Harga beras mengalami kenaikan di sejumlah pasar tradisional sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sejak beberapa bulan terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close