Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hergun: Pengawasan Lemah, Fungsi OJK Kembalikan Saja ke BI

Sabtu, 09 Mei 2020 – 02:05 WIB
Hergun: Pengawasan Lemah, Fungsi OJK Kembalikan Saja ke BI - JPNN.COM
Heri Gunawan. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan menyatakan wacana Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyeret perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) sebagai penyangga likuiditas bank sistemik mengindikasikan lemahnya pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebab, kata politikus Gerindra ini, sejatinya perbankan Himbara adalah objek kebijakan. Nah, bila bank-bank pelat merah itu diseret masuk ke dalam ranah regulator KSSK khususnya terkait perbankan, hal itu sudah di luar kewajaran.

"Ini memberikan indikasi tidak bekerjanya fungsi pengawasan, pengaturan dan perlindungan yang dilakukan oleh OJK. Tampaknya bisikan OJK terlalu manis ke Presiden, sehingga tidak berlebihan kalau fungsi OJK dilebur kembali ke Bank Indonesia," kata Heri pada Kamis malam (7/5).

Dia menjelaskan bahwa Bank Indonesia (BI) berencana memangkas Giro Wajib Minimum (GWM) kepada bank-bank yang melakukan Repurchase Agreement (Repo). Adapun repo tersebut dilakukan perbankan untuk merelaksasi kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah pandemi virus corona.

Heri Gunawan menyatakan wacana KSSK menyeret perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) sebagai penyangga likuiditas bank sistemik mengindikasikan lemahnya pengawasan OJK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close