Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hujan Dua Jam Berujung Longsor

Selasa, 03 Januari 2012 – 06:33 WIB
Hujan Dua Jam Berujung Longsor - JPNN.COM
MAGELANG - Hujan deras selama dua jam pada Minggu lalu (1/1) melahirkan bencana di Magelang, Jawa Tengah. Dua desa di wilayah tersebut mengalami tanah longsor. Yakni, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, dan Desa Mangunrejo, Kecamatan Kajoran. Tujuh rumah warga rusak berat. Sementara itu, 27 rumah lainnya rusak ringan karena tertimbun tanah.

Warga yang rumahnya rusak berat terpaksa mengungsi di tempat saudara mereka. Betapa tidak, kondisi rumah mereka memang rata dengan tanah. Mereka adalah warga Desa Ngargoretno. Sedangkan longsor yang terjadi di Desa Mangunrejo tidak menimbulkan kerusakan parah. Meski begitu, bencana longsor itu memutus jalan penghubung Desa Mangunrejo dan Desa Sambak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Magelang Eko Triyono mengatakan, pihaknya sudah berupaya menanggulangi bencana. Data terakhir yang didapat BPBD menyebutkan, longsor terjadi di delapan titik di Salaman dan dua titik di Kajoran. Longsor di daerah Pegunungan Menoreh tersebut dipicu oleh tingginya curah hujan dan struktur tanah yang labil.

"Sejak akhir Desember cuaca begitu ekstrem. Intensitas hujan yang tinggi dengan volume deras yang tinggi pula memicu terjadinya longsor di daerah-daerah yang rawan itu," jelas Eko kepada Magelang Ekspres (Jawa Pos Group) kemarin (2/1).

MAGELANG - Hujan deras selama dua jam pada Minggu lalu (1/1) melahirkan bencana di Magelang, Jawa Tengah. Dua desa di wilayah tersebut mengalami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA