Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Iduladha Tahun Ini, Pak Ganjar Menyarankan Warga ke RPH untuk Sembelih Kurban

Sabtu, 25 Juli 2020 – 19:00 WIB
Iduladha Tahun Ini, Pak Ganjar Menyarankan Warga ke RPH untuk Sembelih Kurban - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau kepada warganya agar tetap berhati-hati saat menyembelih dan membagikan hewan kurban dalam perayaan  Iduladha 1441 H.

"Imbauannya, kalau aturan dari Kemenag sudah ada. Sekarang yang kita sampaikan kepada warga agar hati-hati pada saat menyembelih (hewan) kurban karena biasanya ada kerumunan," katanya, Sabtu (25/7).

Imbauan itu disampaikan Ganjar mengingat Iduladha tahun ini dirayakan dalam masa pandemi Covid-19.

Oleh karena itu dalam melaksanakan salat Id dan menyembelih hewan kurban serta membagikannya kepada masyarakat harus dilakukan sesuai protokol kesehatan yang ada.

Ganjar menyarankan kepada masyarakat yang hendak menyembelih hewan kurban lebih baik menggunakan atau dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Selain bisa menghindari kerumunan, RPH juga sudah menyiapkan kemasan besek sehingga memudahkan juga dalam pembagian.

"Akan baik kalau kemudian kita menggunakan RPH saja Kalau itu RPH relatif sehat dan RPH kita ternyata sudah siap dalam bentuk besek, tinggal mau berapa dan dibagi dalam jumlah berapa. Maka ini saran saya agar nanti tidak terjadi kerumunan," kata Ganjar.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan surat edaran nomor 18 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Iduladha 1441 H. Dalam surat edaran itu diatur ketentuan untuk salat Ied, soal penyembelihan, dan tata cara pembagiannya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyarankan masyarakat yang hendak menyembelih hewan kurban lebih baik menggunakan atau dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan atau RPH.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close