Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Imbas Wabah Corona, KPAI Dukung Sekolah Diliburkan

Sabtu, 14 Maret 2020 – 14:11 WIB
Imbas Wabah Corona, KPAI Dukung Sekolah Diliburkan - JPNN.COM
Anak-anak sekolah dasar sedang mengikuti upacara bendera. Foto/ilustrasi: Radar Gresik

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendukung sekolah meliburkan aktivitas belajar mengajar. Hal ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir menyebarnya wabah Covid-19.

Komisioner KPAI bidang pendidikan Retno Listyarti mengatakan, sebetulnya hampir semua rekomendasi baik dari WHO maupun pemerintah terkait corona, belum membahas detail terkait masalah anak, lebih banyak terhadap orang dewasa.

Padahal, memperlakukan anak harus berbeda dengan orang dewasa. Anak mempunyai hak yang berbeda dari orang dewasa.

"Sekolah harus segera diputuskan untuk diliburkan (bisa diistilah anak belajar di rumah), mengingat dan mempertimbangkan bahwa anak dapat tertular corona dari orang dewasa dan anak juga bisa saling menularkan," kata Retno dalam pesan elektroniknya, Sabtu (14/3).

Ditambah ada kejadian dua balita yang positif corona ini baru awal.

"Corona belum memasuki masa puncak. Kita semua butuh energy besar untuk menghadapi corona. Lebih baik mencegah daripada mengobati banyak pasien yang positif corona," terang dia.

Anak apalagi balita, lanjutnya, imunitasnya rendah dan mereka dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Perlu diingat, anak balita tidak mungkin diisolasi tanpa orangtuanya. Ketika anak diiisolasi dengan orangtuanya, maka orangtuanya juga harus mendampingi.

"Ketika sudah ada anak yang kena, semua faktor harus dipertanyakan. Mulai dari apakah Indonesia sudah memiliki ruang isolasi pasien anak, atau adakah rumah sakit rujukan khusus anak, dan sebagainya. Selain itu, penting melibatkan dokter anak ketika sudah ada pasien anak," bebernya.

WHO dan Komisi X DPR mendesak pemerintah segera meliburkan seluruh aktivitas belajar mengajar di sekolah untuk sementara waktu agar penyebaran virus ke peserta didik dapat diminimalkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close