Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Dinilai Harus Memberi Perlindungan Bagi Pernikahan Campuran

Kamis, 22 September 2022 – 20:57 WIB
Indonesia Dinilai Harus Memberi Perlindungan Bagi Pernikahan Campuran - JPNN.COM
Fahri Hamzah dalam diskusi politik hukum kewarganegaraan tunggal yang dianut oleh Indonesia saat ini belum memberikan perlindungan bagi keluarga perkawinan campuran. Foto: Dok Pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lebih dari 130 negara di dunia saat ini menerima atau mentolerir kewarganegaraan ganda.

Ketua Aliansi Pelangi Antar Bangsa Nia Schumacher mengatakan hingga 2020, 76 persen negara di dunia memberikan respons positif terhadap pendekatan kewarganegaraan ganda (double citizenship).

Negara-negara ini mengizinkan warga negaranya untuk memiliki kewarganegaraan dari negara lain tanpa menghilangkan kewarganegaraan dari negara asalnya.

Dengan demikian, anak hasil perkawinan campuran secara otomatis memiliki kewarganegaraan dari orang tuanya.

Walau begitu, hal ini masih menjadi salah satu tantangan di Indonesia.

Padahal, cukup banyak warga negara Indonesia (WNI) baik laki-laki maupun perempuan yang menikah dengan pasangan berbeda kewarganegaraan.

Politik hukum kewarganegaraan tunggal yang dianut oleh Indonesia saat ini belum memberikan perlindungan bagi keluarga perkawinan campuran, seperti halnya keluarga pada umumnya.

“Indonesia harus memberi perlindungan bagi keluarga perkawinan campuran dengan penerapan azas kewarganegaraan ganda,” ucap Nia dalam keterangannya, Kamis (22/9).

Politik hukum kewarganegaraan tunggal yang dianut oleh Indonesia saat ini belum memberikan perlindungan bagi keluarga perkawinan campuran,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close