Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Ekspor Perdana 60.000 ekor domba Ke Malaysia

Kamis, 28 Juni 2018 – 14:06 WIB
Indonesia Ekspor Perdana 60.000 ekor domba Ke Malaysia - JPNN.COM
Mentan Amran Sulaiman memberikan sambutan saat melepas ekspor 60.000 domba ke Malaysia. Foto: Istimewa

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas ekspor perdana ternak domba potong yang diekspor oleh PT. Inkopmar Cahaya Buana ke negara Malaysia, Kamis (28/6)

Mentan menyampaikan, saat ini Pemerintah terus berupaya meningkatkan ekspor berbagai komoditas strategis pertanian, termasuk komoditas peternakan.

“Kita telah ekspor daging sapi premium, pakan ternak, telur tetas, DOC dan daging ayam olahan, dan hari ini kita ekspor perdana domba sebanyak 2.100 ekor dengan estimasi nilai sebesar Rp. 3,78 miliar," kata Mentan Amran di Instalasi Karantina Hewan Tendes, Surabaya. 

“Ternak domba yang diekspor kali ini adalah domba jantan yang diperuntukkan sebagai ternak potong,” lanjut Amran.

Ekspor ini, lanjut Amran, diharapkan terus berlanjut secara kontinu sesuai perjanjian kerjasama antara PT. Inkopmar Cahaya Buana dengan pihak importir Malaysia yang diproyeksikan kebutuhannya sebanyak 5.000 ekor per bulan.

"Semoga dapat dipasok dari Indonesia, sehingga diharapkan kebutuhan 60.000 ekor domba per tahun untuk negara Malaysia dapat terpenuhi," tegas Mentan.

“Kenapa Malaysia disuplai dari negara yang jauh? Malaysia dan Indonesia satu rumpun, berbatasan, bila perlu lempar saja sudah ekspor, itu namanya beternak dengan cerdas” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihak pengekspor juga menyampaikan bahwa hambatan terbesar dalam pengiriman adalah Kendaraan Ternak untuk mengangkutnya. Pada awalnya, pengiriman akan dilakukan dengan bantuan pihak Malaysia, menggunakan Malaysian Airlines, tetapi Mentan langsung berinisiatif menghubungi Menteri Perhubungan agar membantu memberikan bantuan kapal angkut.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas ekspor perdana ternak domba potong yang diekspor oleh PT. Inkopmar Cahaya Buana ke negara Malaysia, Kamis (28/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close