Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Informasi Terbaru dari Pak Ganip bagi Pelaku Perjalanan Internasional, Tolong Disimak!

Minggu, 04 Juli 2021 – 22:04 WIB
Informasi Terbaru dari Pak Ganip bagi Pelaku Perjalanan Internasional, Tolong Disimak! - JPNN.COM
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito. Foto: Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen Ganip Warsito menyebut masa karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang tiba di Indonesia berubah per 6 Juli 2021.

Awalnya masa karantina hanya lima hari. Namun, ada perubahan di dalam Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021 dan menyatakan pelaku perjalanan internasional dikarantina selama 8 hari.

"Diwajibkan menjalani karantina selama delapan kali 24 jam," kata Ganip dalam konferensi pers secara daring yang disiarkan BNPB Indonesia di YouTube, Minggu (4/7).

Namun, kata eks Kepala Staf Umum TNI itu, pelaku perjalanan internasional itu perlu dites PCR setibanya di tanah air sebelum menjalani karantina.

Menurut Ganip, biaya tes PCR dan karantina WNI berstatus pekerja migran, pelajar, dan pegawai pemerintah yang menjalani perjalanan dinas, akan ditanggung pemerintah.

"Bagi WNI yang di luar kriteria tadi dan WNA, termasuk diplomat di luar kepala dan keluarga kepala perwakilan asing, menjalani karantina di tempat akomodasi karantina yang mendapatkan sertifikasi penyelenggaraan akomodasi karantina oleh Kementerian Kesehatan dengan biaya seluruhnya ditanggung mandiri," tutur Ganip.

Selanjutnya, SE Satgas Nomor 8 Tahun 2021 menyebut kepala perwakilan asing dan keluarga yang bertugas di Indonesia menjalani karantina mandiri di kediaman masing-masing selama 8 hari.

Berikutnya, kata Ganip, WNI dan WNA yang menjalani karantina akan dites PCR ulang pada hari ketujuh pelaksanaan karantina.

Ketua Satgas COVID-19 Letjen Ganip Warsito menyebut masa karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang tiba di Indonesia berubah per 6 Juli 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close