Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Hasil Survei Elektabilitas Bakal Calon Bupati Jepara 2024

Kamis, 25 Juli 2024 – 07:39 WIB
Inilah Hasil Survei Elektabilitas Bakal Calon Bupati Jepara 2024 - JPNN.COM
Pilkada 2024. Foto ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JEPARA - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei terkait elektabilitas sejumlah nama bakal calon bupati dan wakil bupati Jepara, Jawa Tengah.

Hasil survei LKPI menunjukkan elektabilitas pasangan Dian Kristiandi dan Jadug Trimulyo berada di posisi teratas dan berpeluang menang pada Pilkada Jepara 2024.

"Survei untuk mengukur preferensi masyarakat terhadap tingkat elektabilitas para bakal calon pada Pilkada Jepara 2024 dilakukan sejak 10-20 Juli 2024," kata Direktur Eksekutive LKPI Togu Lubis melalui rilis yang diterima, Rabu (24/7).

Togu menjelaskan, hasil survei tersebut juga menunjukkan sosok Jadug Trimulyo pada posisi wakil bupati berpeluang besar memenangi Pilkada Jepara 2024 walau dipasangkan dengan siapa saja calon bupatinya.

Selain itu, tingginya tingkat elektabilitas mantan Bupati Jepara Dian Kristiandi berhubungan erat dengan tingkat approval rating dari kepemimpinannya di Kabupaten Jepara juga tergolong tinggi, karena tingkat kepuasan mencapai 73,9 persen, tidak puas sebesar 17,4 persen, dan menganggap biasa saja sebesar 8,7 persen.

"Sehingga mantan Bupati Jepara Dian Kristiandi akan berpeluang besar menang bila berpasangan dengan Jadug Trimulyo. Hal ini juga sesuai dengan beberapa simulasi komposisi berpasangan," ujarnya.

Dia menjelaskan hasil simulasi dengan tiga pasang nama bakal calon dengan komposisi Witiarso Utomo - Jadug Trimulyo sebesar 34,8 persen, kemudian Dian Kristiandi - Arizal Wahyu Hidayat sebesar 26,3 persen, Nuruddin Amin - Haizul Ma'arif sebesar 14,4 persen, dan tidak memilih sebesar 24,5 persen.

Dengan simulasi tiga pasang nama bakal calon, dengan komposisi nama berbeda seperti Dian Kristiandi - Jadug Trimulyo hasilnya 38,3 persen, kemudian Witiarso Utomo - Ibnu Hajar sebesar 26,7 persen, Nuruddin Amin - Arizal Wahyu Hidayat sebesar 9,6 persen, dan tidak memilih sebesar 25,4 persen.

Berikut ini hasil survei elektabilitas sejumlah nama bakal calon bupati dan wakil bupati Jepara yang akan maju di Pilkada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA