Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Istana Jemput Naskah Asli Proklamasi yang Ditulis Bung Karno

Minggu, 16 Agustus 2020 – 16:11 WIB
Istana Jemput Naskah Asli Proklamasi yang Ditulis Bung Karno - JPNN.COM
Sekretariat Presiden menjemput naskah asli teks proklamasi yang ditulis Bung Karno. Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Sekretariat Presiden menjemput naskah asli proklamasi yang ditulis Bung Karno, Minggu (16/8).

Teks tersebut akan dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (17/8) besok.

Sekretariat Presiden dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan serah terima arsip bersejarah tersebut, untuk dapat ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka.

"Hari ini kami saksikan bersama satu lagi perjalanan bangsa Indonesia bahwa ANRI yang telah menyimpan, merawat, dan menyelamatkan arsip negara berupa tulisan tangan Bapak Soekarno mengenai pernyataan proklamasi. Pada saat ini diserahkan kepada kami, Sekretariat Presiden, untuk bersama-sama besok ditampilkan di mimbar kehormatan," ujar Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, di Gedung ANRI, Jakarta Selatan.

Setelah dilakukan serah terima, naskah asli Teks Proklamasi tersebut dibawa dari depot penyimpanan arsip statis ANRI menuju Istana oleh Sekretariat Presiden.

Proses serah terima dilakukan oleh Direktur Preservasi Deputi Konservasi Arsip ANRI Kandar kepada Kepala Biro Umum Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Yudhi Wijayanto.

Turut menyaksikan, di antaranya Plt Kepala ANRI Taufik, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani, dan Plt Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati.

Dokumen bersejarah tersebut selanjutnya akan diserahkan kembali kepada ANRI pada Selasa (18/8) mendatang untuk mendapatkan penyimpanan dan perawatan terbaik.

Sekretariat Presiden menjemput naskah asli proklamasi yang ditulis Bung Karno. Ada proses serah terima yang dilakukan secara resmi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close