Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jakarta Tuan Rumah, Menag Buka Festival Gambus Nasional 2018

Rabu, 28 November 2018 – 19:48 WIB
Jakarta Tuan Rumah, Menag Buka Festival Gambus Nasional 2018 - JPNN.COM
Menag saat memegang piala Festival Gambus Nasional 2018. Foto: Humas Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Provinsi DKI Jakarta menjadi tuan rumah Festival Bintang Vokalis Gambus Tingkat Nasional XXIII Tahun 2018.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin berkesempatan membuka festival yang diselenggarakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

"Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Lasqi di seluruh Indonesia yang telah mampu menjaga dan merawat seni musik kasidah dengan baik sesuai konteks hari ini dan masa mendatang," kata Menag Lukman Hakim, Selasa (27/11) malam.

Festival yang merupakan acara tahunan Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (DPP Lasqi) ini, berlangsung selama tiga hari, 27-29 November 2018.

Hadir Dirjen Bimas Islam yang juga Komisioner Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Prof. Dr. Muhammadiyah Amin; Ketua Umum DPP Lasqi yang juga Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag, Tarmizi Tohor; dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta.

"Di Indonesia, seni kasidah memiliki biografi yang panjang. Bersamaan dengan kedatangan agama Islam di wilayah Asia Tenggara. Seni kasidah hidup dan berkembang di masyarakat, baik di kalangan pesantren maupun kelompok pengajian dan remaja Islam masjid," ujar Menag.

Menurut dia, hingga kini musik kasidah terus mewarnai spritualitas rakyat Indonesia. Bila sebelumnya alat musik yang digunakan hanya rebana, gambus, marawis, akordeon, biola, kini sudah menggunakan peralatan musik modern dan elektrik.

"Kasidah atau nyanyian dalam tradisi musik Islami sudah tentu bukan kasidah'-an. Tetapi di dalamnya ada beragam jenis musik Islami lain seperti marawis, marhaban, rudat, hadrah, nasyid, zikir dan shalawat," kata dia.

Provinsi DKI Jakarta menjadi tuan rumah Festival Bintang Vokalis Gambus Tingkat Nasional XXIII Tahun 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close