Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jenis Makanan ini Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Kanker Paru-paru

Sabtu, 12 Juni 2021 – 04:05 WIB
Jenis Makanan ini Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Kanker Paru-paru - JPNN.COM
ilustrasi kanker paru-paru

jpnn.com - Penyakit kanker paru-paru pada tahap awal acap kali tidak menunjukkan gejala pada penderitanya.

Seiring waktu, beberapa keluhan pun mulai muncul, seperti suara parau, sulit bernapas, nyeri dada yang tak hilang, batuk darah, dan juga kelelahan.

Ada beberapa pilihan pengobatan utama bagi pasien kanker paru, yakni kemoterapi, terapi radiasi, terapi yang ditargetkan, serta operasi.

Selain melalui pengobatan dan terapi medis tersebut, penderita kanker paru juga dianjurkan untuk memperhatikan pola makan.

Sebab, beberapa makanan tertentu diduga bisa memperburuk kondisi kanker paru yang dialami. Apa sajakah pantangan makan kanker paru itu?

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker Paru-paru

Disampaikan oleh dr. Atika, tidak ada daftar spesifik makanan yang sebenarnya harus dihindari agar kondisi kanker paru tidak makin buruk.

“Secara umum hampir mirip dengan pemilihan makanan sehat pada umumnya. Misalnya saja kurangi gula berlebihan, garam berlebih, dan lemak tinggi. Tapi juga baiknya waspada dengan makanan yang bisa memperberat gejala ketidaknyamanan karena pengobatan kanker paru. Misalnya, makanan terlampau berminyak,” ujar dr. Atika.

Beberapa makanan tertentu diduga bisa memperburuk kondisi kanker paru-paru yang dialami. Apa sajakah pantangan makan kanker paru itu?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close