Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Terkesan dengan Mahligai Barus

Jumat, 24 Maret 2017 – 19:44 WIB
Jokowi Terkesan dengan Mahligai Barus - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo di Tapanuli Tengah. Foto: Setpres

jpnn.com, TAPANULI TENGAH - Presiden Joko Widodo menyempatkan diri mampir di lokasi wisata religi Pemakaman Mahligai Barus, di Desa Sihorbo, Kecamatan Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Sumatera Utara, Jumat (24/3), Jokowi turut didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta sejumlah menteri.

Presiden terkesan karena selain menjadi media promosi berharga bagi pengembangan wisata sejarah dan religi di Kabupaten Tapteng, di Mahligai Barus juga terdapat bukti sejarah hubungan Indonesia dan Timur Tengah sejak ratusan tahun yang lalu.

"Hubungan antara Timur Tengah dengan Indonesia itu sudah ada sejak abad keenam. Jadi kalau di Masehi itu 661 Masehi, 48 Hijriah. Artinya memang ratusan tahun yang lalu hubungan itu telah ada," ujar Presiden Jokowi usai peninjauan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menerangkan bahwa hubungan yang terjalin dengan Timur Tengah salah satunya di bidang perdagangan.

Mengingat wilayah itu merupakan penghasil kapur barus dan rempah-rempah yang terkenal hingga ke Timur Tengah bahkan kawasan Eropa.

"Hubungan yang sifatnya dagang mencari di sini kapur barus, merica, kemiri, kemenyan, semuanya ada dari Barus dan sekitarnya," jelas dia.

Selain itu, di pemakaman Mahligai Barus yang terbentang di atas bukit seluas 3 hektare tersebut terdapat sejumlah makam ulama besar asal Timur Tengah.

Presiden Joko Widodo menyempatkan diri mampir di lokasi wisata religi Pemakaman Mahligai Barus, di Desa Sihorbo, Kecamatan Barus Utara, Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close