Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Kabar Gembira, Turis Asing Sudah Boleh Berlibur di Maladewa

Jumat, 17 Juli 2020 – 11:12 WIB
Kabar Gembira, Turis Asing Sudah Boleh Berlibur di Maladewa - JPNN.COM
Setelah empat bulan ditutup gegara virus corona, pariwisata Maladewa akhirnya kembali dibuka untuk turis asing dan domestik. Foto ilustrasi: Reuters

jpnn.com, MALE - Sebuah pesawat milik maskapai Qatar Airways yang mengangkut 107 warga asing dan 27 warga Maladewa mendarat di Bandara Internasional Velana di Maladewa pada Rabu (15/7) pagi. Pesawat itu membawa rombongan wisatawan pertama sejak negara ini menutup perbatasannya pada 27 Maret lalu lantaran pandemi COVID-19.

Setelah hampir empat bulan sejak penangguhan visa kunjungan saat kedatangan (on-arrival tourist visa), pemerintah Maladewa memutuskan industri pariwisata kembali dibuka dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan COVID-19 yang diperkuat.

"Mentari kembali bersinar di Maladewa. Perbatasan kita kembali dibuka bagi para wisatawan dan penerbangan pertama baru saja mendarat," ujar Presiden Maladewa Ibrahim Solih di akun Twitter-nya menyambut hari itu.

Para wisatawan yang turun dari penerbangan pertama di negara tersebut disambut oleh jajaran pejabat pemerintahan.

Menurut buku panduan setebal 28 halaman yang diterbitkan Kementerian Pariwisata Maladewa, wisatawan yang tiba akan diizinkan tinggal di beberapa fasilitas yang berada di pulau-pulau tak berpenghuni mulai 15 Juli. Fasilitas-fasilitas di pulau tak berpenghuni tersebut dijadwalkan akan kembali dibuka pada 1 Agustus.

"Kesehatan maupun keselamatan para wisatawan serta warga Maladewa selalu menjadi prioritas, dan industri pariwisata hanya diberi izin untuk kembali beroperasi setelah melalui konsultasi mendalam dengan para profesional kesehatan serta pemangku kepentingan industri," ujar Kementerian Pariwisata Maladewa dalam keterangan persnya.

Presiden Solih pada Selasa (14/7) mengunjungi Bandara Internasional Velana pada Selasa untuk menginspeksi langkah-langkah pencegahan yang akan diterapkan, termasuk pemindaian para penumpang yang tiba terkait gejala COVID-19, penegakan aturan jaga jarak sosial dan praktik kebersihan yang baik, serta peningkatan kapasitas tes.

Maladewa mencatat 1,7 juta kedatangan wisatawan pada 2019 dan berharap bisa menarik 850.000 wisatawan hingga akhir tahun ini.

loading...