Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KAU: Pemda Jangan Mudah Tergiur Utang

Selasa, 08 Desember 2009 – 19:19 WIB
KAU: Pemda Jangan Mudah Tergiur Utang - JPNN.COM
JAKARTA- Koordinator Koalisi Anti Utang (KAU) Dani Setiawan mengingatkan pemerintah daerah (Pemda)jangan tergiur dengan utang luar negeri yang ditawarkan Menteri Keuangan.

Seperti diketahui, Menkeu menetapkan tujuh provinsi memiliki indeks kapasitas fiskal (IKF) sangat tinggi. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) No.174/PMK.07/2009 ketujuh provinsi tersebut adalah Riau (2,0529), DKI Jakarta (7,9325), Kalimantan Selatan (2,4487), Kalimantan Timur (4,9662), Bali (2,1158), Bangka Belitung (2,9668), dan Kepulauan Riau (3,1331).

"Daerah jangan tergiur menggunakan utang luar negeri dengan dasar penilaian IKF yang dibuat oleh Menkeu. Faktor yang lebih penting seperti efektivitas dan pengelolaan proyek utang oleh pemerintah daerah harus menjadi landasan dasar dalam menggunakan utang," kata Dani Setiawan, di Sekretariat KAU, kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (8/12).

Jika hanya Permenkeu yang menjadi patokan, lanjutnya, akan banyak daerah berlomba-lomba mengajukan proyek utang karena merasa memiliki kemampuan fiskal yang baik tanpa ukuran yang jelas atas dampak sosial dan ekonomi yang akan ditanggung dimasa datang.

JAKARTA- Koordinator Koalisi Anti Utang (KAU) Dani Setiawan mengingatkan pemerintah daerah (Pemda)jangan tergiur dengan utang luar negeri yang ditawarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA