Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kebutuhan Guru ASN 2 Ribu, Lulus PG 797 Orang, Formasi PPPK Sedikit, Mengecewakan

Jumat, 05 Agustus 2022 – 14:15 WIB
Kebutuhan Guru ASN 2 Ribu, Lulus PG 797 Orang, Formasi PPPK Sedikit, Mengecewakan - JPNN.COM
Pengurus GLPGPPPK Lampung Selatan saat rapat bersama eksekutif dan legislatif. Foto: Dokumentasi GLPGPPPK for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Lampung Selatan (Lamsel) Fulkan Gaviri menyampaikan hasil kerja bersama eksekutif dan legislatif setempat. 

Dalam raker 4 Agustus 2022 yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamsel Asep Jamhur, Ketua Komisi IV DPRD Syaiful Azumar, Wakil Ketua Sulastiono serta pengurus GLPGPPPK, itu terungkap fakta mengejutkan.

Fulkan mengatakan bahwa terungkap ternyata kebutuhan guru aparatur sipil negara (ASN) di Lampung Selatan sebanyak 2.000 orang.  Namun, lanjut Fulkan, formasi PPPK 2022 yang sudah diajukan hanya 70 saja. Jumlah itu menyesuaikan dengan kemampuan daerah. 

"Jadi, menurut kadisdik, kebutuhan ASN itu dua ribu orang, tetapi yang diajukan hanya 70 karena hanya sebegitu yang bisa pemda biayai," kata Fulkan kepada JPNN.com, Jumat (5/8).

Kondisi tersebut membuat GLPGPPPK meminta tambahan formasi.  Menurut Fulkan, usulan GLPGPPPK didukung oleh Komisi IV, bahkan berjanji akan mengupayakan solusi terbaik. 

Tahun ini, terdapat 263 guru ASN pensiun.  Kekosongan tersebut bisa dijadikan solusi untuk penambahan kuota formasi PPPK, yakni 70 ditambahkan 263 sehingga totalnya 333. Namun, lanjut Fulkan, hal tersebut akan dikoordinasikan terlebih dahulu dan memanggil lebih lanjut pihak terkait.

"Dari 797 guru lulus PG tersebut akan dicarikan solusi terbaik oleh Ketua DPRD Bapak Syaiful Azumar agar semuanya bisa diangkat sebelum 28 November 2023," terangnya.

Fulkan mengimbau 797 guru lulus PG menjaga kekompakan dan menyatukan visi.  Dia menegaskan semua harus kompak berjuang agar mendapatkan formasi dan SK PPPK tahun ini. (esy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Kebutuhan guru ASN ada ribuan, tetapi jumlah formasi yang diusulkan tidak sebanding dengan jumlah guru lulus PG.

Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close