Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbudristek Apresiasi Penggerak Budaya Kategori Pembaru, Ini Profil Mereka

Rabu, 25 September 2024 – 08:43 WIB
Kemendikbudristek Apresiasi Penggerak Budaya Kategori Pembaru, Ini Profil Mereka - JPNN.COM
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (tiga dari kanan) bersama lima orang penggerak budaya terpilih menjadi penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2024 dari Kemendikbudristek. Foto: Dokumentasi Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak lima orang penggerak budaya terpilih menjadi penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2024 untuk kategori Pelopor dan/atau Pembaru pada acara yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di The Tribrata Hotel and Convention Darmawangsa, Jakarta, Selasa (17/9).

Kelima penggerak budaya tersebut, yaitu Ainar Tri Asita (koreografer tari), Laura Tias Avionita Sinaga (penari dan koreografer disabilitas), Lisabona Rahman (pengarsip film), Mulyani (seni tari), serta Papermoon Puppet Theatre (teater boneka).

Ajang AKI Tahun 2024 mengangkat tema Persembahan Istimewa Bagi Penggerak Budaya menjadi wujud apresiasi pemerintah kepada pelaku budaya di Indonesia atas dedikasnya dalam upaya pemajuan kebudayaan sekaligus sebagai ajang untuk mengajak masyarakat turut andil dalam melestarikan budaya.

Berikut Profil Penerima Penghargaan AKI 2023 Kategori Pelopor/Pembaru:

Inovasi koreografi tari Ainar

Ainar Tri Asita merupakan generasi muda bertalenta di bidang koreografi tari.

Ainar pernah menjadi penari termuda yang unjuk kebolehan pada Solo Dance Festival di Teater Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Selain berbakat dalam menciptakan koreograferi tari, Ainar juga aktif pada kinerja pengarsipan dan riset budaya.

Banyak karya seninya yang berdasarkan hasil riset ditampilkan di Palu, Sulawesi Tengah, sebagai kota kelahiran perempuan berusia 42 tahun ini.

Ini profil lima orang penggerak budaya terpilih menjadi penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2024 dari Kemendikbudristek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA